perbedaan driver software dan firmware

pengertian driver, firmware dan software

www.tokopuas.com – dalam dunia IT, pasti selalu dekat dengan yang namanya software, firmware dan juga driver..  arti dari nama – nama tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, sesuai dengan sebutanya…  bagi seorang ahli it, mengerti tentang fungsi – fungsi dari firmaware, driver dan software merupakan sebuah keharusan.. untuk itu.. saya akan mencoba menjelaskanya..

1. Firmware

perbedaan software dan firmwareFoto: Fossybites…powerbeam m2 400firmware merupakan sebuah program yang sering digunakan untuk membantu system operasi.. firmare banyak di gunakan di berbaagai peralatan elektronik seperti radio access point, smartphone android system, dan peralatan elektronik lainya… jika di komputer atau laptop, firmware sama dengan bios atau UEFI..

2. Driver

arti dan fungsi driver di komputerFoto: Fossybites..driver dalam dunia nyata adalah seorang supir, seseorang yang mengendalikan mobil, dll… di dunia komputer, driver adalah supir yang mengntrol hardware agar bisa bekerja.. sebagai contoh.. saat merakit sebuah komputer CPU.. pengguna akan memasang VGA card, DVD rom, wireless card, dll… tanpa sebuah software driver.. mustahil semua hardware – hardware yand di pasang tersebut bisa berjalan dengan sempurna…. hal ini di karenakan Operating system tidak selalu di lengkapi dengan driver yang cocok dengan hardware – hardware yang di pasang tersebut… intinya. driver merupakan penghubung  agar semua hardware bisa berjalan dengan sempurna..

3. Software

fungsi software di komputer windowsFoto: Fossybitesjika hardware adalah perangkat keras yang meliputi motherboard, vga card, dll.. software adalah perangkat lunak yang di install kedalam komputer tersebut..system operasi seperti windows 7, merupakan kategori software.. intinya.. software adalah perangkat lunak yang tidak memiliki wujud fisik yang bisa di pegang – pegang..software dapat di kelompokkan berbagai macamnya… driver juga termasuk software yang termasuk dalam kelompok system software.. sedangkan aplikai produktifitas seperti microsoft excel, word, adobe photoshop, merupakan kategori aplication software… virus juga termasuk software, tapi di buat dengan tujuan si pembuatnya.. seperti mencuri, merusak, menginfeksi, dll….nah.. semoga tulisan yang saya buat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda.. jangan lupa untuk like dan juga share yaaa.. terima kasih….

Tinggalkan Balasan