Cara hitung biaya pajak import

cara hitung biaya pajak import bea cukai

tokopuas.com – import adalah kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri, dengan adanya import, kita bisa mendapatkan barang yang tidak ada atau di buat di indonesia. untuk mendapatkan barang import, banyak cara bisa di lakukan, salah satunya dengan membeli dari luar negeri melalui situs marketplace international, beli barang langsung dan membawanya ke indonesia saat kita sedang liburan. DLL.

namun, untuk memasukkan barang import ini, ada beberapa prosedur yang harus di lalui, di indonesia pihak yang mengurusi masalah import dan export adalah bea cukai, dan negara telah menentukan peraturan barang yang wajib pajak dan bebas pajak. dan pajak yang harus di tanggung untuk seorang importir atau penerima barang yang kena pajak adalah. PPN, PPnBM, PPH, BM … jadi ingat, jika anda belum terbiasa dengan aktifitas import, jangan pernah mencoba melakukan import barang dengan harga yang cukup tinggi, karena anda bisa terkena pajak yang nantinya bisa 50% – 100% dari harga barang.. ini pengalaman saya pribada, yang pernah terkena biaya siluman.. yaudah.. jadi sedihh kalau ingatnyaaaa….tergantung dari pihak jasa pengiriman yang digunakan…

catatan : FOB atau free on board, artinya nilai barang yang dikirim sudah termasuk harga barang + ongkos kirim + asuransi.

namun, ada beberapa kriteria barang import yang bebas pajak, yaitu pembelian barang dengan total nilai di bawah FOB $100 USD dengan pengiriman melalui jasa titipan atau post indonesia. . dan untuk kiriman dengan nilai di di atas FOB $100 USD dan di bawah $1500 USD maka di haruskan pajak, seperti  PPN, PPnBM, PPH, BM  , dan untuk kiriman di atas FOB $1500 USD, maka si penerima barang harus mempersiapakan dokumen pelengkap import seperti API, NPIK, dan dokumen lain…. khusus untuk penumpang yang pulang dari piknik di luar negeri, maka akan mendapatkan bebas pajak dengan perhitungan atau di bawah $250 USD untuk barang yang di bawa penumpang yang kembali ke indonesia. dan dibawah $1000 USD untuk barang yang di bawah dalam satu keluarga

seperti topik utama, di sini saya akan menununjukkan cara mudah menghitung barang import.. caranya sangat mudah, anda hanya perlu mendownload aplikasi CEISA mobile..

aplikasi ini dapat di download langsung di playstore.. anda dapat mendownloadnya melalui link INI : download CEISA MOBILE.

aplikasi hitung pajak

 

setelah aplikasi berhasildi download, silahkan anda buka,, tampilanya seperti gambar di bawah ini :

aplikasi hitung barang import

aplikasi ini juga di lengkapi system tracking untuk melacak barang – barang yang telah masuk ke beacukai.. tapi hanya exspedisi tertentu saja yang bisa di tracking menggunankan fitur ini, seperti post, fedex, DHL, DLL… tampilanya seperti gambar di bawah ini :

tracking kantor pos cukai

selain itu, kamu juga bisa menghitung secara langsung pajak import, apakah pajak untuk barang import umum, barang kiriman melalui PJT kantor pos, barang penumpang, atau barang penumpang satu keluarga,

kiriman khusus kantor pos

sebagai contoh, saya akan menghitung nilai barang kiriman sebesar FOB $60 USD, dan dikirim melalui pos indonesia.. dan saya menggunakan free shipping, jadi freight dan insurance saya kosongkan,  hasilnya bisa di lihat seperti di bawah ini :

cara hitung pajak import 1

dan hasilnya barang tersebut bebas pajak dan biaya masuk, namun, anda harus membayar biaya PALALUBEAN, yang nantinya akan di tagih, saat pengambilan packet…

baca : tentang pengertian biaya tambahan pos indonesia PALALUBEAN.

barang kiriman bebas pajak

selanjutnya, saya akan menghitung barang yang dikirim dengan harga FOB $150 USD, barang ini akan dikirim melalui jasa pengiriman POS indonesia.. maka biaya pajak yang di bayar adalah…

perhitungan pajak import

harga pajak di bawah ini adalah harga jika memiliki NPWP atau nomer pokok wajib pajak…

biaya pajak tanpa NPWP

NAMUN, bagi yang tidak memiliki NPWP, akan terkena biaya pajak yang lebih mahal, sebagai contoh, kamu bisa melihatnya seperti gambar di bawah ini :

biaya pajak tanpa NPWP

maka biaya pajaknya menjadi :

 

hitungan pajak bea cukai

dari kesimpulan di atas.. bisa di simpulkan, jika punya NPWP maka biaya PPH hanya 10% , sedangkan jika memiliki NPWP maka, biaya PPH meningkat menjadi 20% … okey.. semoga tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa untuk like , share, atau bisa juga berkomentar.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.