cara semut pulang ke sarang tanpa kesasar

cara agar semut bisa kembali ke sarang tanpa kesasar

cara semut pulang kesarang

tokopuas.com – apakah kamu semut, semuat merupakan hewan yang hidup secara berkoloni dan mempunyai sarang untuk tempat tinggalnya. dan untuk mencari makan, semut akan pergi meninggalkan sarang. terkadang semut bisa meninggalkan sarang hingga jarak berpuluh meter jauhnya.  setelah semut menemukan makanan, semut akan langsung membawanya kedalam sarang. dan semut bisa kembali ke sarang tanpa lupa dan kesasar..! Apakah teman – teman tahu, bagaimana semut bisa kembali kedalam sarang..??

yah… jika kalian berjalan jauh menjauhi titik start, dan saat anda ingin kembali lagi ke titik start, biasanya seseorang akan membuat sebuah tanda atau menghafalkan sebuah tanda. gunanya agar seseorang tersebut tidak kesasar.. namun, berbeda dengan semut, yang tidak mempunyai IQ kecerdasan seperti manusia.. semut punya cara tersendiri agar bisa pulang ke sarang, tanpa kesasar ke sarang semut lainya….

semut mempunyai feromon, feromon adalah aroma khusus yang dikeluarkan ketika semut meninggalkan sarang. dan ketika semut ingin kembali kesarang, semut tinggal mengikuti bau feromon yang sebelumnya telah di keluarkanya. selain itu, bau feromon ini juga bisa berfungsi sebagai petunjuk arah bagi semut lain ketika membutuhkan bantuan.

jika salah satu semut menemukan makanan, namun, semut tersebut tidak mampu untuk membawanya, maka si semut akan meminta bantuan kepada semut yang lain, dengan cara menyentuhkan antena, selanjutnya, semut yang di minta bantuan akan langsung mengikuti feromon yang telah di keluarkan temanya tadi ( semut yang menemukan makanan ). system kerja sama seperti ini sangat di perlukan untuk kelangsungan koloni semut..

apakah semut bisa kesasar ?? mungkin ada dari kalian yang ingin bertanya… jawabanya iya bisa.. jika kita menghapus aroma feromone yang telah di keluarkan semut..

Tinggalkan Balasan