pentingnya memisahkan jenis sampah

pentingnya memisahkan jenis sampah berdasarkan jenis

tokopuas.com – sampah merupakan bahan bahan sisa yang di hasilkan dari aktifitas sehari hari, setiap orang di dunia ini pasti menghasilkan sampah setiap harinya.. dan sampah yang ada di bumi ini berbeda – beda macamnya, mulai dari sampah organik, dan non organik.  ohh iya. apa teman teman pernah melihat tempat sampah berdasarkan warna seperti gambar di bawah ini :

tempat sampah organik

jika teman – teman di rumah pernah bertemu dengan tempat sampah di atas.. berarti teman teman harus tahu fungsi,nya… jika belum tahu saya akan tuliskan keteranganya :

warna hijau : tempat sampah ini harus di gunakan untuk menampung sampah organik, sampah organik adalah sampah yang berasal dari tumbuhan, seperti daun, ranting, sisa- sisa buah. dan bahan bahan organik yang mudah terurai dengan cepat dengan tanah.

warna kuning – tempat sampah ini di khususkan untuk jenis sampah an organik yang lama terurai, seperti sampah plastik, sampah botol bekas, kaleng, dan sampah sampah an organik, yang membutuhkan waktu lama untuk terurai.

warna merah – tempat sampah b3 di khususkan untuk menampung sampah yang mengandung zat kimia berbahaya, seperti detergent, bateray, lampu, dan benda – benda yang mengandung bahan kimia berbahaya….

selain di atas, sebenarnya masih ada tempat sampah berwarna hijau, yang dikhususkan untuk menampung sampah kertas. hal ini berguna untuk mempercepat proses daur ulang. dan juga ada sampah berwarna abu – abu yang khusus untuk menampung bahan residu…

dan sekarang.. apa gunanya sih, jika kita bisa membuang sampah berdasarkan jenisnya…. di bawah ini alasan kenapa kita harus memisahkan jenis sampah..

1.mengurangi bau busuk

seperti yang kita tahu , sampah organik adalah sampah yang mudah terurai, dan saat terurai , sampah organik akan mengeluarkan bau busuk.. jadi dengan memisahkan sampah organik dan an organik.. kita bisa mengubur sampah organik di dalam tanah, dan sampah organik tersebut bisa berfungsi sebagai pupuk untuk membuat tanah lebih subur..

2.mempercepat sampah terurai

sampah organik yang di kumpulkan menjadi satu akan lebih cepat terurai di bandingkan dengan sampah yang di campur aduk antara organik dan an organik.. jadi inilah salah satu fungsi memisahkan jenis sampah.

3. membuat kebersihan sampah

pada dasarnya, sampah sampah an organik adalah sampah bersih yang tidak menimbulkan bau, seperti sampah plastik, botol, dll…  namun, jika sampah tersebut di campurkan dengan sampah organik, maka akan membuat sampah semakin kotor dan menimbulkan bau yang awet tahan lama..karena sampah organik akan terurai lebih lama…

ya.. untuk menyelamatkan dan merawat bumi ini, kita harus memulai dari hal – hal yang kecil dulu.. salam blogger.. jangan lupa like dan sharing yaa.. terima kasih…..

Tinggalkan Balasan