apakah fungsi bulu mata

mengenal fungsi bulu mata

tokopuas.com – mata adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi kegiatan manusia sehari hari, tanpa mata, manusia tidak akan bisa melihat. secara alami, mata manusi telah di lengkapi bulu mata, bulu mata ini mempunyai banyak fungsi, apakah teman – teman tahu apa fungsi bulu mata ini .?? bulu mata mempunyai banyak fungsi.

fungsi bulu mata
bulu mata, creative commons pixabay

fungsi – fungsi bulu mata manusia.

1.mencegah menempelnya kelopak mata saat berkedip

bulu mata adalah bulu yang halus, dan didalam bulu mata terdapat sebuah kalenjar yang bernama meibom, kalenjar ini dapat menghasilkan lemak, dan lemak ini dapat menjadi agar kelopak mata tidak menempel.

2.melindungi dari debu dan hewan yang kecil

saat anda sedang berjalan – jalan keluar, pasti banyak sekali debu dan hewan kecil yang berterbangan keluar, nah, disinilah peran bulu, yaitu untuk melindungi agar benda benda asing tersebut tidak masuk kedalam mata.

3. menyaring sinar yang langsung jatuh kemata.

selain melindungi, bulu mata juga berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan masuk ke dalam mata, cahaya ini seperti cahaya lampu, sinar ultroiolet yang saat berjalan keluar rumah.

cara kerja bulu mata adalah, jika cahaya yang akan masuk ke mata aman, maka secara otomatis otak akan langsung bekerja memberikan instruksi untuk menutup mata. dan jika cahaya tersebut aman, maka mata bisamenerima cahaya tersebut.

Tinggalkan Balasan