pengalaman custom bea cukai dari batam

pengalaman beli barang dari batam

tokopuas.com – bagi teman – teman yang suka berbelanja online dan beli barang dari batam, maka teman – teman sekarang harus lebih berhati- hati dan teliti, karena semua packet yang keluar dari kota batam akan berurusan dengan custom bea cukai, artinya, packet akan di periksa pihak bea cukai, dan jika barang tersebut mempunyai nilai di atas $100 USD, maka anda di haruskan untuk membayar pajak, selan pajak, masih ada resiko barang di sita bea cukai, di musnahkan, atau dikirim kembali ke pengirim… tidak hanya itu saja, pengiriman dari batam juga sangatlah terbatas, tidak seperti dulu, banyak opsi kurir pengiriman yang bisa di pilih, seperti JNE, tiki, dan kurir pengiriman lainya.. sekarang kebanyakan seller dari batam hanya memberikan opsi pengiriman via pos ( rata – rata )..

jadi, teman teman yang hoby membeli handphone , atau peralatan elektronik atau barang – barang branded lainya dengan harga di atas $100 USD, maka teman teman harus waspada dengan pajak dan juga biaya siluman, atau bisa juga barang tidak pernah sampai…..

baca : cara tracking packet via china post airmail.

tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya ketika kemarin saya membeli sebuah sepatu bekas yang di perbaiki, atau barang rekondisi, harga barunya sekitar 300.000,an .. tapi, harga bekas dan sudah di rekondisi hanya 120.000 ,, jadi saya sangat tertarik untuk mencoba membeli sepatu tersebut, saya membeli sepertu tersebut melalui shopee.. untuk harga sepatunya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

 

pengalaman beli online di batam
pengalaman beli barang dari batam

namun, si penjual hanya memberikan opsi pengiriman menggunakan pos indonesia, penjual mengatakan, jika pihak jne sering menolak packet kiriman… mungkin, karena pihak bea cukai lagi ketat – ketatnya…

hasil tracking pengiriman, bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :

biaya siluman di bea cukai

tidak seperti biasanya, yang 4-5 hari barang bisa sampai, pengiriman dari batam ke jawa tengah, membutuhkan waktu hampir 2 minggu.. waktu yang cukup lama….

baca : biaya palalubean via pos indonesia untuk packet dari luar negeri.

dan setelah sampai ternyata, ada tempelan resi CN ( consignment note ) yang menandakan barang telah di periksa oleh pihak bea cukai… tampilanya seperti bisa di lihat seperti gambar di bawah ini : jika gambar kurang jelas, anda dapat mengklikn,ya, untuk melihatnya dalam versi full

biaya custom clearance cukai
biaya custom clearance batam

kesimpulan :

dari hasil keterangan di atas, bisa di simpulkan jika pihak bea cukai telah menentukan harga sepatu yang saya beli tersebut, dengan harga 300.000. berdasarkan pengalaman saya, dulu ada teman saya yang pernah memesan packet dari luar negeri, harga barangnya adalah $ 500 USD, namun, di a meminta seller agar merubah keterangan di invoice  pengiriman agar menjadi $40 USD, dan akhirnya, barang pesanan yang di order teman saya bisa masuk dan sampai tanpa harus bayar pajak…

namun, bulan kemarin, berbeda ceritanya… teman saya order barang dengan harga $800 USD,, dan meminta ke penjual agar invoice pengiriman di rubah menjadi $45 USD, dan invoice tersebut di tempelkan di packet., nah, akhirnya.. setelah barang masuk, teman saya tersebut mendapat telephone panggilan dari pihak bea cukai, yang mengatakan harga packet tersebut tidak sama dengan invoice,nya.. dan akhirnya pihak bea cukai , menentukan sendiri berapa biaya pajak yang harus di bayar..

karena teman saya terasebut tidak mempunyai surat kelengkapan untuk barang import, dan barang juga termasuk dalam kategory lartas.. ada pilihan yang harud di pilih, yaitu barang aakan di sita pihak bea cukai, barang di reexport ( itupun belum tentu barang di kirim kemabali dalam keadaan utuh ), atau membayar denda + pajak, yang totalnya hampir 15 juta rupiah..wawwwwwww…..

teknik di atas, biasanya di sebut dengan undervalue, atau merubah nilai barang dari harga sebenarnya dengan tujuan bebas pajak atau membayar pajak lebih murah.

yahh.. dari pada tambah ribet pusing,,, akhirnya yaaa.. di ikhlaasin aja . total kerugian adalah sekitar $800 USD, belum termasuk ongkir,, atau jika di rupiahkan bisa sekitar 10 jutaan…. nah , inilah resiko yang akan di alami jika membeli barang dari luar negeri dengan harga di atas FOB $100 USD… semoga menjadi pembelajaran buat anda… jika anda belum berpengalaman membeli barang dari luar negeri, saya sarankan untuk lebih berhati – hati, dan mengerti resiko yang mungkin akan di tanggung…..

tips dari penulis :

jika anda ingin membeli barang branded atau smartphone dengan harga di atas 1 jutaan dari batam, maka sekarang anda harus lebih berhati – hati, karena nantinya, anda akan berusan dengan pihak bea cukai,pajak, DLL… dulu, sebelum bulan juli 2017.. pengiriman dari batam bisa di bilang lancar dan aman, tapi sekarang sudah berbeda.. waspadalah  — waspadalah….

sekian, jika tulisan ini berguna dan bermanfaatt.. jangan lupa untuk like dan share yaa…

One thought on “pengalaman custom bea cukai dari batam

  1. Tanya bos, kalo kita mo beli bbrp barang dgn hrg per pcsnya dbwh 100$ ,tetapi kalo d totalkan menjadi lebih dari 100$ apakah brg kita d kenai pajak ..? Trimakasih sebelumnya atas infonya🙏🏻

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.