perbedaan iguana dan bunglon

perbedaan antara iguana dan bunglon

tokopuas.com – bunglon dan iguanan merupakan hewan yang mempunyai bentuk serupa namun tidak sama, banyak dari teman – teman dirumah yang ternyata masih bingung dengan perbedaan antara iguana dan bunglon,nah, di bawah ini akan saya tuliskan perbedaannya.

perbedaan bunglon dengan iguana
bunglon sumber gambar pixabay creative commons

1.gelambir

gelambir adalah daging kecil tipis yang ada di bawah leher yang menjulai ke arah bawah, iguana dan bunglon sama sama mempunyai gelambir, namun, gelambir yang di miliki bunglon sangat kecil dan tidak akan terlihat jika tidak di perhatikan dengan teliti, berbeda dengan iguana yang mempunyai gelambir yang lebih besar di bandingkan bunglon. jadi, besarnya gelambir juga bisa digunakan untuk pembeda.

2. makanan.

bunglon makanan utamanya adalah hewan – hewan kecil seperti serangga, dan binantang kecil lainya, berbeda dengan iguana yang lebih menyukai makanan berupa sayur dan buah.. namun, terkadang juga memakan serangga sebagau asupan protein,tapi itupun tidak sebanyak bunglon, karena makanan utama iguana adalah buah dan sayur sayuran.

perbedaan iguana dan bunglon
iguana sumbe gambar pixabay creative commons

3.sama sama bisa berubah warna.

bunglon dan iguana dapat merubah warna tubuhnya untuk bersembunyi dan melindungi diri dari predator, namun, iguanan hanya bisa berubah warna setelah dewasa, sedangkan jika masih kecil, iguna tidak mempunyai kemampuan untuk berubah warna, berbeda dengan bunglon, yang sejak dari kecil sudah mempunyai kemampuan untuk merubah warna kulit.

4.ukuran tubuh.

bunglon dan iguana mempunyai ukuran tubuh yang berbeda, bunglon mempunyai panjang tubuh hingga 55 cm, ukuran ini termasuk panjang daru ujung kepala hingga ujung ekor, sedangkan iguanan punya tubuh yang lebih besar dan mampu tumbuh hingga panjang 2 meter, saat bayi iguana terlahir, bayi iguana mempunyai ukuran sebesar bunglon, namun , akan terus tumbuh.

5.bentuk kepala

jika di perhatikan, bentuk kepala bunglon dan kepala iguana sangat berbeda, bagian hidung bunglon mempunyai bentuk lebih lancip, sedangkan bagian hidung iguana mempunyai bentuk lebih tumpul,..

nah, di atas adalah beberapa perbedaan antara bunglon dan iguana, semoga anda bisa lebih cermat membedakan antara iguana dan bunglon, jika tulisan saya ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan juga subscribe… terima kasih….

 

Tinggalkan Balasan