pengalaman transfer uang via LLG bank BCA

pengalaman mentranser uang via LLG bank BCA

tokopuas.com – bank BCA merupakan salah satu bank yang mempunyai jumlah nasabah yang cukup banyak, dan cukup populer untuk transaksi online. saya pribada sudah menjadi nasabah bank BCA dari tahun 2016. namun, ada banyak kekurangan dan kelebihan yang yang di miliki bank BCA.. salah satu kekuranganya menurut aku pribadi adalah, bank BCA tidak memiliki fasilitas real timer transfer ke bank lain jika menggunakan internet banking.. dan hanya menyediakan layanan LLG dan RTGS.

apa itu transfer LLG.??

LLG atau kepanjangan dari lalu lintas giro adalah proses tranfer uang dari rekening kita ke bank lain yang berbeda perusahaan dengan metode kliring. metode kliring atau proses clearing yang di lakukan ini adalah memeriksa apakah saldo yang ada rekening kita ini mencukupi atau tidak, dan proses kliring ini hanya bisa di lakukan pada jam kerja kliring.. sehingga waktu dana sampai juga lebih lama.

transaksi LLG punya kelebihan yaitu biaya transaksi yang lebih murah berkisar 5000 – 15000, namun, waktu masuknya uang ke rekening tujuan membuatuhkan waktu sekitar 2-3 hari.

jadi, bagi anda yang butuh transfer uang secara cepat atau mendadak.. transaksi LLG TIDAK COCOK BAGI ANDA.

pengalamanku bertransaksi dengan metode LLG..

di tulisan ini saya ingin menuliskan pengalaman saya menggunakan bank BCA untuk transfer uang ke bank lain ( bank BRI ).. awalnya saya juga kurang tahu apa itu LLG.. saya mengira mentransfer uang dengan layanan transfer LLG adalah cepat, ternyata saya salah..

awalnya saya membuka akses internet banking bank BCA yang saya gunakan, dan saya ingin mentranfer uang ke bank lain, dan bank tujuan saya adalah bank BRI..nah, di bagian menu biaya tranfer antar bank.. BANK BCA hanya menyediakan layanan transfer via LLG dan RTGS..  karena saya sendiri kurang faham.. saya pilih saja tranfer via LLG.. dan biayanya juga lebih murah… hanya Rp.5.000,- . saya melakukan tranfer pada jam 15.31 ,, atau jam setengah 4 sore..

nah, tampilan transaksi berhasil yang saya lakukan, bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :

pengalaman LLG bank BCA

setelah mendapat notifikasi di atas, saya mengira uang telah sampai, dan bisa dengan segera di ambil… namun, saya terkejut , karena saya mendapatkan komplain dari si penerima uang.. katanya ” uang belum masuk”.. saya mencoba melakukan pengecekan di mutasi rekening bank BCA saya, dan hasilnya, uang saya telah terdebit. karena saya sendiri waktu itu bingung, akhirnya saya menggunakan bank saya yang lain.. dengan menggunakan  bank mandiri. untuk mentransfer uang ke bank BRI.. dan hasilnya, uang masuk dengan cepat.. pada jam dan menit yang sama.. dengan biaya Rp.6500,- …..

nah.. untuk mengetahui alasan tranfer LLG dari BCA ke BRI yang belum masuk.. saya mencoba menanyakanya ke pihak bank BCA.. dan pihak bank BCA mengklarifikasi, jika transfer bank VIA LLG bank BCA, uang akan masuk pada hari yang sama jika transaksi di lakukan sebelum jam 1530. dan akan di proses pada hari berikutnya jika transaksi di lakukan setelah jam 15.30 .

coba lihat gambar saya di bawah ini :

 

transfer bank VIA LLG

selain itu, jika transaksi di lakukan setelah jam 15.30 dan hari berikutnya adalah hari libur.. maka transaksi LLG akandi proses dengan jangka waktu 2-3 hari…

KESIMPULAN :

jadi, kesimpulanya transaksi LLG sangatlah tidak cocok dengan nasabah yang ingin uangnya masuk secara cepat, atau butuh untuk mentransfer uang untuk kebutuhan mendadak, DLL… dan harga transaksi via LLG juga hanya sedikit lebih murah ( biaya LLG Rp.5.000 – 15.000,- ).. coba bandingkan dengan transaksi tranfer uang beda bank dengan fitur real time, seperti bank mandiri, uang bisa masuk pada jam dan menit yang sama dengan biaya hanya Rp.6500,-

nah.. di atas adalah pengalaman saya pribadi, dan saya tuliskan di blog ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda… nah, jangan lupa untuk like dan share blog ini yaa… terima kasih….

Tinggalkan Balasan