syarat membuat sim UMUM dan PERORANGAN

syarat membuat sim umum dan perorangan

tokopuas.com – setelah kemarin saya membahas perbedaan sim, mulai dari sim A, B, C, dan D, dan ditulisan ini, saya akan membahas beberapa syarat untuk memiliki sim, baik itu sim perorangan dan juga SIM UMUM..

jenis sim berdasarkan jenis

 

baca : peerbedaan SIM A B C dan D.

nah.. untuk memiliki sim, ada beberapa tahapan dan syarat.. di bawah ini saya tulisakan beberapa syarat yang harus di miliki untuk membuat sim…

syarat untuk sim perorangan

berdasarkan usia

untuk pemohon yang meginginkan SIM A, C dan D, maka usia si pemohon harus di atas 17 tahun.. sedangkan untuk sim B1 wajib harus berusia 20 tahun ke atas, dan B2 harus berusia 21 tahun keatas. syarat usia di atas saya dapat berdasarkan UU no.22 tahun 2009 pasal 81 ayat 2, 3, 4 dan 5.

dan bagi pengemudi yang ingin memiliki sim B1 dan SIM B2, ada syarat khusus, yaitu,

  • pemohon yang ingin memiliki sim B1, diharuskan telah memiliki sim A selama atau paling sedikit 1 tahun atau 12 bulan.
  • pemohon yang ingin memiliki sim B2, di haruskan telah memiliki SIM b1 selama atau paling sedikit 1 tahun atau 12 bulan.

kesimpulanya, anda yang yang ingin sim B2, harus melalui beberapa tahap, yaitu harus memiliki sim A selama 1 tahun, baru bisa mengajukan SIM B1, setelah memiliki sim B1 selama satu tahun, barulah, anda di perbolehkan untuk membuat SIM B2. ketentuan ini telah tercantum di UU no. 22 tahun 2009 pasal 81 ayat 6.

selain peraturan di atas, bagi pemohon sim baru, juga harus melengkapi kelengkapan, seperti memliki KTP, mengisi formulir, membayar biaya aministrasi, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, dan juga harus lulus ujian teori, praktek dan juga ujian ketrampilan melalui simulasi.

syarat untuk SIM umum.

nah, selanjutnya, saya akan membahas tentang sim umum dan beberapa kelebihan di bandingkan dengan jenis sim perorangan.. sim umum hanya terbagi 3, yaitu SIM A umum, SIM B1 umum dan SIM B2 umum..

syarat usia untuk memiliki sim umum.

berdasarkan UU no.22 tahun 2009 pasal 83 ayat 1, 2, dan 3.  ..untuk memiliki sim A umum, pemohon harus berusia 17 tahun keatas, sedangkan untuk sim B1 umum, pemohon harus berusia 22 tahun keatas , sedangkan untuk sim B2 umum, harus berusia 23 tahun keatas.. selain itu, di butuhkan kelengkapan lain, seperti KTP, surat keterangan sehat, DLL..

dan untuk memliki sim, ada beberapa tahapan yang di lalui. peraturan ini berdasarkan UU no.22 tahun 2009, pasal 83 ayat 4.

  • untuk memmiliki SIM A umum, pemohon di haruskan telah memiliki SIM A selama minimal 1 tahun atau minimal 12 bulan .
  • pemohon yang ingin memliki sim B1 umum, harus telah memiliki SIM A umum selama minimal 1 tahun atau minimal 12 bulan.
  • pemohon yang ingin memiliki sim B2 umum, harus telah memiliki SIM B1 umum selama minimal 1 tahun atau minimal 12 bulan.

nah, di atas, adalah syarat syarat yang harus dilakukan jika anda ingin mengajukan sim umum, jika tulisan saya ini bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan share yaa.. terima kasih…

2 thoughts on “syarat membuat sim UMUM dan PERORANGAN

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.