cara test listrik kwh voltase ampere hz dan power factor

cara test listrik dengan mudah cepat dan simple

tokopuas.com – untuk mengetes meneliti tegangan listrik, seorang teknisi biasanya menggunakan avometer, multimeter, DLL.. namun, menggunakan avometer, tidak semua orang mengerti dan faham dengan penggunaan alat tersebut. nah, di tulisan kali ini, penulis ingin menuliskan pengalamanya bagaimana melakukan test tegangan listrik pln dengan mudah dan cepat..

nah, salah satu alat yang mudah di gunakan untuk mengetes dan memantau penggunaan listrik adalah power meter. alat ini banyak di jual di marketplace online seperti tokopedia dan bukalapak. power meter dapat di fungsikan untuk mengukur pemakain daya, voltase, ampere, jumlah kwh, durasi, dLL. untuk penggunaannya mudah, anda hanya perlu memasang power meter ke colokkan ke listrik, dan lanjutkan menyambungkan power meter ke peralatan listrik yang ingin di test, seperti lampu, mesin cuci, kulkas, microwave dan juga mobil listrik.

untuk memilih mode pengetesan, pengguna hanya perlu menekan tombol ” function” .. nah, di bawah ini adalah beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk mengetes dengan menggunakan power meter.

  1. durasi, watt consumption dan costs

di mode ini, power meter akan menampilkan durasi penggunaan di layar paling atas, durasi ini dihitung berdasarkan berapa lama peralatan elektronik tersambung dengan power meter ini, sedangkan di layar kedua, menampilkan rata – rata konsumsi listrik, tampilan yang di tampilkan dalam satuan watt.

layar ketiga berisi costs, yang artinya akan menampilkan total harga yang harus di bayar, namun, sayang sekali, pengaturan harga hanya support mata uang euro..-

 

cara test tegangan listrik

 

2.durasi, total KWH, jumlah hari.

di mode ini, tampilan layar atas tetap menampilkan durasi penggunaan, sedangkan layar bawah menampilkan jumlah kwh yang di konsumsi.. dan layar ketiga menampilkan jumlah hari, artinya, di mode ini, power meter dapat digunakan untuk menghitung total kwh yang di butuhkan peralatan listrik selama beberapa hari. jadi, misalnya, pengguna ingin menghitung berapa kwh listrik yang dibutuhkan dalam satu minggu untuk penggunaan kulkas..

cara test tegangan listrik mudah

3.durasi, voltase, Hz.

di mode ini, pengguna bisa mengetahui durasi di bagian layar paling atas, voltase peralatan listrik, dan HZ yang dibutuhkan sebuah peralatan listrik.. hal ini sangatlah penting, untuk menentukan jenis listrik yang cocok dengan peralatan listrik yang digunakan. karena tidak semua peralatan listrik dari luar negeri yang bisa compatible dengan jenis listrik yang ada di indonesia.

 

cara mudah test tegangan listrik

 

4. durasi, ampere dan power factor.

di mode ini, pengguna bisa durasi pengetesan di bagian layar paling atas,  di layar tengah dapat mengetahui total ampere peralatan listrik yang di gunakan,, dan di layar nomer 3, dapat mengindokan power factor peralatan listrik.

cara test tegangan listrik ampere

 

 

5.konsumsi terendah.

di mode ini, layar atas tetap menampilkan durasi, dan di layar tengah akan menampilkan konsumsi terendah peralatan listrik memerlukan tenaga listrik,dan untuk mengetahui mode ini, di bagain layar paling bawah akan tertulis ” Lo “, atau low, yang berarti terendah,

trik test tegangan listrik ampere meter

6.untuk mengetahui daya tertinggi

di bagian ini, layar atas tetap menampilkan durasi penggunaan, sedangkan layar yang ada di tengah, akan menampilkan konsumsi tertinggi ( watt ) peralatan elektronik,  dan tampilan layar paling bawah akan menampilkan tulisn ” Hi  ” atau high yang berarti tertinggi.

cara test ampere meter

 

7. harga.

nah, di tampilan terakhir ini, power meter akan menginfokan total harga , namun, karena format harga hanya support mata uang euro, jadi fitur ini kurang di butuhkan, jadi , langsung skip saja….

cara mudah test tegangan listrik

nah, di atas adalah berbagai cara untuk melakukan pengetesan listrik dengan cara yang lebih mudah dan aman..

nah, jika tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat, janganlah lupa untuk like dan juga share.. terima kasih..

 

Tinggalkan Balasan