penyebab error code 5100 printer canon

Error code 5100 printer canon

tokopuas.com – bagi pengguna printer canon,  terkadang kita akan menemukan error dengan code 5100, error ini sering terjadi saat  pengguna melakukan pencetakan 40 lembar sekaligus atau printer telah mencetak di atas 20 lembar… untuk error 5100 ini, teman teman bisa melihatnya seperti gambar di bawah ini :

error code 5100 canon

selain itu, penyebab error lain yang sering terjadi adalah, karena pengguna memaksakan catridge yang sudah masa berlaku pencetakanya.. misalkan catridge canon type CL811, akan memberikan notifikasi tinta habis setelah catridge digunakan untuk mencetak kertas sebanyak 300 lembar, atau sesuai jumlah count yang ada di IC catridge.. notifikasi ini tidak akan hilang walaupun catridge telah di isi tenta lagi, dan juga telah di modifikasi dengan system infus…

printer error kehabisan tinta

catatan : notifikasi tinta habis seperti di atas, dapat di hilangkan dengan menekan tombol ” reset ” di printer selama 5 detik..

Penyebab error di atas terjadi karena banyak hal..

 

1.sensor sedang kotor akibat percikan tinta.

Di bagian belakan catridge, terdapat seperti sebuah pita panjang, pita ini adalah sensor… saat proses pengeprinan, terkadang pita sensor ini kotor, terkena percikan tinta.. nah, sebaiknya anda bersihkan bagian ini dengan menggunakan alcohol..

2.bagian pin catridge kotor.

Di bagian catridge terdapat titik titik kuningan kecil, yang menghubungkan catridge.. nah, bagian ini juga rawan terkena cipratan tinta..karena tinta biasanya terbuat dari air, dan air mudah menyebabkan konsleting…  jika bagian ini basah terkena tinta, biasanya printer akan ngadat karena terjadi konsleting..

Silahkan bersihkan bagian ini menggunakan tisu..

3.terdapat banyak debu atau kerikil yang terkadang menghambat pergerakan roller kertas.

Roller merupakan bagian terpenting printer, dan masalah yang sering terjadi di bagian ini adalah adanya debu yang masuk ,serangga, ataupun kerikil yang terkadang bisa menggangu…. Nah, untuk membersihkan roller juga terbilang merepotkan, karena harus membongkar.. solusinya, bawa ke tukang service….

Nah.. di atas adalah beberapa faktor penyebab terjadinya error code 5100 printer canon… selain masalah di atas, biasanya ada faktor lain yang menyebabkan printer mengalami error….

 

Bagaimanakah cara memperbaiki error 5100 printer canon ??

Untuk memperbaiki error ini, pengguna bisa mematikan dan menghidupkan printer lagi, namun, error ini akan muncul lagi, saat pengguna ingin mencetak kertas sebanyak 40 lembar sekaligus.. ( pengalaman pribadi menggunakan canon mp258 )

 

Jika tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat.. janganlah lupa untuk like dan share.. terima kasih…

Tinggalkan Balasan