trik pilih powerbank terbaik dan aman

cara pilih powerbank terbaik dan aman untuk HP

tokopuas.com – powerbank sudah menjadi kebutuhan bagi para pengguna smartphone yang mempunya hoby traveling, perjalanan jauh, dan seseorang yang selalu punya kegiatan untuk outdoor dalam waktu yang cukup lama.. hmmm, dulu sebelum penulis punya powerbank, penulis pernah melakukan charger smartphone di tempat penyewaan charger, seperti di kapal, di teminal bus… dan biaya yang di patok untuk sekali charger adalah Rp.5.000,- pada tahun 2010. biaya tersebut sudah termasuk mahal pada waktu tersebut….

nah, itu adalah sedikit pengalaman pribadi.. disini saya akan memberikan tips membeli powerbank yang paling bagus dan umun untuk digunakan..

1.kapasitas bukan segalanya.

nah, inilah yang membuat beberapa orang tertipu saat memilih powerbank, di pasar ataupun marketplace online, banyak sekali powerbank yang menawarkan kapasitas 20.000 MAh, 100.000 mAh, dengan harga yang sangat murah, berkisar puluhan ribu, bahkan ada yang jual dengan harga 25.000 untuk powerbank dengan kapasitas 60.000 Mah…. nah, hal inilah yang terkadang membuat beberapa orang tertipu..

walaupun di bagian luar tertulis 60.000 Mah, tapi sebenarnya, kapasitas realnya tidak sampai sebanyak itu, jika memang benar, isinya adalah 60.000 mAh, powerbank terseebut harusnya mampu untuk mengisi 10 smartphone hingga penuh…. sebagai referensi.. teman teman bisa membaca review yang pernah saya buat tentang powerbank 60.000 mAh.. anda bisa membacanya di link di bawah ini :

Baca : review powerbank 98000 mAh.

2.brand’

brand atau merek juga bisa digunakan sebagai pembanding untuk memilih sebuah powerbank, pilihlah brand yang memang sudah berpengalaman dalam pembuatan smartphone..sebagi contoh, brand powerbank yang cukup bagus seperti xiaomi, asus, lenovo, dan brand powerbank lainya bisa digunakan sebagai pembanding.. namun, anda juga harus berhati hati juga dengan powerbank palsu,karena banyak sekali powerbank yang menggunakan nama brand produk terkenal, agar produk palsu tersebut laku…

 

3.voltase dan tegangan.

powerbank yang bagus adalah powerbank harus mempunyai output voltase yang stabil, karena output voltase yang tidak stabil akan membuat powerbank cepat rusak, untuk menguji output powerbank stabil atau tidak, pengguna memerlukan sebuah avometer, ataupun alat khusus yang biasa digunakan untuk mengukur tegangan powerbank.

4.fitur

di zaman yang canggih ini, powerbank yang bagus telah di lengkapi dengan fitur auto cut tegangn, artinya, jika battery yang ada di dalam powerbank penuh, secara otomatis powerbank akan memutuskan sambungkan ke listrik.

begitu juga sebaliknya, jika powerbank melakukan charging smartphone, dan battery smartphone telah penuh secara otomatis powerank akan langsung memutuskan sambungan dengan smartphone.. jadi, smartphone tidak akan tercharger secara terus menerus.. jika smartphone di charger terus meneruss saat battery telah penuh, maka bisa berpotensi membuat battery melembung atau rusak.

 

5.Test sederhana powerbank

nah, test terakhir pada powerbank yang biasanya saya lakukan adalah menyembungkan kabel output dan input usb powerbank secara bersamaan. dan jika powerbank tersebut menyala, ini menandakan powerbank ini tidak mempunyai perlindungan, namun, jika powerbank tidak menyala, ini menandakan powerbank jenis ini cukup aman..

untuk lebih jelasnya.. teman teman bisa melihat gambar di bawah ini, sebagai contoh, saya menggunakan powerbank xiaomi untuk pengetesan….

 

test powerbank xiaiomi

jika tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan share yaaa… terima kasih…

Tinggalkan Balasan