cara perpanjang pajak stnk tahunan

cara perpanjang pajak STNK tahunan

tokopuas.com – bagi para pengguna kendaraan bermotor, yang telah di sertai dengan STNK, maka pengguna di wajibkan membayar pajak setiap tahun. pajak – pajak ini nantinya akan digunakan untuk membangun jalan dan fasilitas publik sehingga para pengendara bisa menikmatinya..  nah.. bagi anda yang inign memperpanjang pajak STNK tahunan.. caranya sangatlah mudah dan tidak rumit.

biaya peerpanjang pajak stnk

dulu, untuk membayar pajak stnk tahunan, pengguna harus mengisi sendiri formulir, dan membawa surat – surat yang merepotkan.. nah, di era serba online sekarang ini, proses perpanjang pajak stnk sudah di buat sesimple dan semudah mungkin, tanpa haruus mengisi formulir yang merepotkan dan kadang membuang waktu..

tutorial ini saya lakukan dengan catatan :

kendaaran bermotor yang digunakan telah terdaftar di kota yang bersangkutan. misalnya.. motor dengan kode area semarang, hanya bisa di perpanjang pajaknya di samsat semarang..

contoh.. kendaraan bermotor dengan nomer plat area semarang : H 1234 NH , hanya bisa di perpanjgan pajaknya di samsat kota semarang.. dan jika di perpanjang di samsat lain… akan melalaui beberapa proses yang cukup merepotkan, rumit dan cukup panjang..

jika sang pemilik mempunyai identitas KTP yang sama dengan nama pemilik di STNK, maka pengguna bisa melakukanya sendiri di kantor samsat terdekat ataupun melaui samsat keliling, dan juga samsat online. nah bagaimana sih prosedur perpanjangan pajak STNK yang tepat dan benar..

1.bagi pengguna yang identitas KTP dan STNK sama.

pengguna datang ke kantor samsat atau samsat, dengan membawa KTP asli dan STNK asli. ( tidak boleh di wakilkan ).

saat berada di kantor samsat, serahkan KTP asli + stnk asli ke loket khusus perpanjangan STNK.. dan ikuti instruksi yang telah di berikan pihak samsat.. pengalaman saya. prosesnya sekitar 30 menit, saat kantor sedang tidak begitu ramai.

2.bagi pengguna yang tidak bisa datang ( mewakilkan ke orang lain ).

terkadang, ada juga pemilik kendaraan yang tidak bisa hadir atau datang kesamsat untuk membayar pajak stnk. nah, untuk proses ini bisa di wakilkan ke orang lain, bisa teman, istrik, atau saudara..  yang di butuhkan adalah STNK asli, fotocopy KTP, dan surat keterangan yang di keluarkan dari desa, yang telah di sertai dengan materai ( tergantung kebijakan pihak samsat ).

nah… di atas adalah prosesedur pengisian untuk STNK tahunan… proses yang mudah tanpa harus menggunakan bantuan  calo…

khusus STNK 5 tahunan, prosesnya berbeda lagi… dan kendaraan harus di bawa ke samsat untuk check fisik…

untuk proses pengisian stnk 5 tahunan.. saya akan menuliskanya di postingan selanjutnya……

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.