perbandingan fitur bank mandiri BRI dan BCA

perbandingan fitur bank mandiri BRI dan BCA

tokopuas.com – di zaman yang serba modern ini, memiliki rekening bank merupakan kebutuhan agar seseorang bisa lebih praktis membawa uang, melakukan transfer dan kegiatan perbankan lainya.. salah satu bank yang menurutku banyak di gunakan orang – orang di indonesia adalah bank BRI, Bank mandiri, Bank BNI, dan juga bank BCA.

saya pribadai hanya memiliki 3 saja, yatu BRI, BCA dan mandiri. sudah hampir 3 tahun saya menjadi nasbah dari ketiga bank tersebut. nah, di tulisan kali ini, saya ingin menuliskan perbandingan dan kekurangan dari ke tiga bank tersebut.. tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi :

1.BANK BRI. ( Bank Rakyat Indonesia )

keunggulan bank BCA

fitur bank BRI terbaik
bank terbaik

bank paling bagusfitur :

internet banking : token menggunakan SMS sehingga nasabah harus membayar untuk setiap token sms jika ingin melakukan transaksi dan pembayaran…

fitur internet banking bank BRI sangat tidak recomended.

SMS banking : sama seperti fitur sms banking yang lain, cuman, sms banking BRI sering error.. bahkan sering tidak bisa digunakan. setiap sms nasabah akan di bebani biaya sebesat 500 – 1000 per sms..

epay BRI : fitur ini merupakan fitur yang hampir sama dengan BCA klikpay, Klikbca, ataupun virtual account. namun, kekuranganya, pengguna masih tetap di bebani biaya token SMS. dan jika pengguna tidak punya pulsa.. pengguna tidak bisa memanfaatkan fitur ini.

ATM yang tersebar dan mudah ditemukan : salah satu keuntungan bagi nasabah bank mandiri, adalah ATM yang mudah di temukan dan tersebar di hampir pelosok indonesia. selain itu, banyak kantor kantor BRI seperti teras BRI, Dll..

2.bank MANDIRI

jenis bank terbaik

fitur :

internet banking : fitur internet banking yang dimiliki sudah cukup bagus, tidak sering error.. pengguna juga bisa bertransaksi tanpa harus di bebani token sms. hal ini di karenakan token menggunakan alat khusus untuk menggenerate angka.. jadi pengguna yang ingin mentransfer uang ke sesama nasabah mandiri, tidak akan terbebebani biaya token sms.. bahkan jika ingin bertransaksi hingga 100 kali perhari… fitur ini sangat recomended.

sms banking : sama seperti bank lainya, fitur ini pengguna di haruskan memiliki pulsa untuk menerima dan mengirim sms.. biaya untuk menerima dan mengirim sms adalah 500 – 1000 rupiah…  sms banking cocok dilakukan saat ingin mengirim uang secara cepat dan mendadak. namun jika digunakan untuk transaksi dalam jumlah banyak, misalnya 100x perhari.. bisa menghabiskan banyak pulsa.

mandiri online : fitur ini sangat sering saya gunakan untuk bertransaksi dan melakukan pembayaran. mandiri online meruapakan cara baru menikmati fitur perbankan secara mobile dengan biaya yang lebih murah di bandingkan sms banking, dan fitur lengkap sama seperti internet banking. banyak keuntungan menggunakan mandiri online.. untuk syarat – sayarat menggunakan mandiri online, silahkan baca disini :

baca : syarat memiliki menggunakan fitur mandiri online.

mandiri klickpay : fitur ini memungkinkan pengguna melakuakn pembayaran dengan cepat, menggunakan generate token angka 3. namun fitur ini sudah lama dan jarang saya pakai.. menurutku kurang praktis masih nyaman menggunakan mandiri virtual account.

VBV 3d secure : atau istilahnya mandiri debit online. fitur ini memungkinkah nasabah untuk belanja online di situs luar negeri ataupun situs dengan mata uang asing seperti dollar, DLL. namun, hanya situs situs yang telah terdaftar di 3s secure yang di bolehkan untuk bertransaksi di layanan ini. di indonesia banyak juga banyak situs belanja lokal yang support 2d secure VBV..  fitur ini cukup praktis untuk berbelanja… karena nasabah hanya perlu memasukkan pin yang dikirim via sms. walaupun tanpa pulsa sekalipun, sms akan tetap dikirimkan ke nomer hp yang masih aktif dan terdaftar di akukn bank mandiri.

mandiri virtual account : fitur ini adalah fitur pembayaran yang lebih mudah , cepat praktis.. pengguna bisa mengguna internet banking dan juga mandiri online.. bagi para nasabah yang sering belanja di bukalapak, tokopedia, DLL.. fitur mandiri virtual account sudah tersedia .. proses pembayaran akan cepat tanpa harus melakukan konfirmasi.

fitur pembayaran pendidikan yang cukup lengkap. pembayaran administrasi quliyah dapat dibayar melalui bank mandiri, dan banyak sekali universitas, sma dan perguruan tinggi ternama yang telah bekerja sama dengan bank mandiri untuk proses pembayaran, seperti UTS, UKS, semester DLL.

menurut aku pribadi, kekurangan bank mandiri adalah, jumlah ATM yang tersebar masih sedikit dan hanya terbatas di kota – kota besar saja.

BANK BCA ( Bank Central Asia )

keunggulan bank BCA

fitur :

1.internet banking : fitur internet banking, hampir sama dengan bank mandiri, cukup bagus dan jarang sering error.. kode token dapat di generate menggunakan alat khusus, sehingga nasabah tidak perlu terbebani dengan biaya sms. namun, internet banking bank BCA punya kekurangan.. yaitu tidak ada fitur transfer langsung ke rekening bank lain dan hanya memberikan fasilitas LLG dan RTGS. artinya, jika pengguna ingin mengirim uang cepat, real time langsung ke bank lain. maka pengguna tidak akan bisa melakukanya… solusinya hanya menggunakan layanan LLG yang butuh waktu 24 jam, atau RTGS untuk transfer di atas 100 juta.

2.sms banking : fitur sms banking juga sama seperti bank bank lainya. ada biaya sms, setiap menerima dan mengirim sms, nasabah akan dikenakan biaya sebesar 500-1000 rupiah, ( sejak tulisan ini dibuat ). sms banking bank bca cukup stabil, dan selama ini belum pernah terjadi error… selain sms banking.. pengguna juga bisa menggunakan layanan mobile banking operator..melalui menu sim toolkit. pastikan kartu gsm anda menggunakan chip terbaru dan nomer handphone telah terdaftar di bank BCA.

  1. fitur BCA klik pay dan KLIK BCA. kedua layanan tersebut merupakan layanan pembayaran yang praktis mudah dan cepat. fitur pembayaran klikpay dan klikbca banyak di temukan di markerplace pembayaran lokal, seperti tokopedia, bukalapak, dan situs maretplace lainya.  fitur ini memberikan konfirmasi pembayaran yang cepat dan otomatis.

4.BCA virtual account :  fitur ini sama seperti mandiri virtual account.. dengan adanya fitur ini pembayaran akan menjadi mudah dan cepat tanpa harus melakukan konfirmasi.

5.tarik tunai BCA : fitur tarik tunai BCA tersedia di waralaba seperti alfamart yang telah ada logo BCA tarik tunai. fitur ini memberikan pengguna untuk mengambil uang saat berbelanja tanpa harus masuk ke ATM. hal ini juga akan memudahkan NASABAH yang jauh dari ATM, namun, maksimal uang yang bisa di tarik adalah 500.000 , ( pengalaman saya pribadi di kota saya ), mungkin di kota anda berbeda peraturanya.

bca dan mandiri mempunyai fitur pembayaran yang sama, namun, ada fitur – fitur yang ada di bank mandiri, namun tidak ada di bank bca…

 

dari tulisan saya diatas.. dapat di ambil kesimpulan, jika setiap bank punya kelebihan dan kekurangan. hal ini di karenakan strategy masing masing bank untuk menggaet nasabah, berbeda beda.. misalnya Bank bri yang memberikan layanan ATM yang cukup banyak , dan ada juga teras BRI, sedangkan bank mandiri memberikan layanan bagi nasabahnya yang hoby bertransaksi melalui mobile app, sms,internet banking, dengan cara yang lebih praktis dan cepat, dan banyak fitur pembayaran yang telah didukung bank mandiri.. sedangkan bank bca memberikan  fitur belanja, dan hampir semua mall dan swalayan besar ,mendukung pembayaran dengan debit BCA…. dan juga BCA memberikan layaran RTGS untuk transfer dalam jumlah besar.. sedangkan bank bca tidak punya fitur transfer langsung ke beda bank……

nah, sekarang.. kamu pilih yang mana,?? sesuaikanlah dengan kebutuhanmu…. jangan hanya ingin memiliki ATM hanya untuk gaya – gayaan… karena setiap bulanya ada biaya administrasi dan juga biaya penalty jika rekening jarang di gunakan…….

semoga tulisan yang saya buat ini bermanfaat… jangan lupa untuk like dan share.. terima kasih…..

Tinggalkan Balasan