perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan

perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

tokopuas.com – beberapa orang yang pernah saya temui pernah saya tanya, apakah perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.. banyak orang yang bingung menjawab, ada yang menganggapnya sama, tapi ada juga yang tahu perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan. nah, di tulisan kali ini, saya akan menuliskan perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan….

 

jenis asuransi jiwa dan finansial

1.asuransi jiwa

asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung kerugian jika klien asuransi meninggal karena alasan yang terduga, dan orang yang akan mendapatkan penggantian kerugian adalah keluarganya, atau sesuai yang tertulis di surat perjanjian.  yang di maksud menanggung kerugian bukan berarti pihak asuransi akan merawat keluarga klien, memberikan penghasilan, DLL.. tapi, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi berupa uang. besarnya uang yang di dapat akan di hitung secara cermat oleh pihak asuransi, sesuai dengan premi asuransi yang telah di bayarkan setiap bulanya.

contoh : bapak budi adalah seorang kepala keluarga yang merupakan sumber penghasilan utama bagi keluarnya. dan bapak budi memiliki seorang istri dan 2 orang anak, dan telah memiliki asuransi jiwa. jika bapak budi meninggal yang di sebabkan oleh kecelakaan, penyakit, atau meninggal sebelum umur yang telah di tuliskan di surat perjanjian asuransi. maka keluarga bapak budi akan mendapatkan ganti rugi berupa uang, totalnya akan di hitung secara cermat berdasarkan jumlah premi yang di bayarkan setiap bulanya..

catatan : asuransi jiwa tidak akan menanggung biaya pendidikan anak, biaya sakit keluarga bapak budi.

2.asuransi kesehatan.

asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang akan memberikan keamanan finansial bagi pemegang polis, jika orang yang terdartar di asuransi mengalami masalah atau  kesehatan seperti sakit atau terjadi kecelakaan. tapi, yang harus di ketahui, pihak asuransi juga menetapkan beberapa penyakit yang tidak akan di tanggung, dan beberapa syarat.

dengan memiliki asuransi kesehatan, seseorang tidak perlu lagi harus menjual aset atau megambil uang di tabungan jika suatu saat terjadi masalah kesehatan dan kecelakaan. pihak asuransi kesehatan akan mengcover biaya rumah sakit, seperti menginap, obat, operasi( di sesuaikan dengan ketentuan asuransi ), DLL.

di indonesia banyak sekali asuransi kesehatan yang di tawarkan, namun, bagi seseorang yang ingin mendaftar asuransi, ada baiknya membaca dengan cermat syarat dan ketentuan asuransi tersebut. karena ada beberapa asuransi kesehatan yang tidak mengcover beberapa penyakit, dan tidak bisa digunakan di semua rumah sakit…

salah satu asuransi kesehatan yang banyak digunakan di indonesia sejak tulisan ini dibuat adalah BPJS.. bpjs termasuk kategori asuransi kesehatan…

jika tulisan ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan share.. terima kasih…

Tinggalkan Balasan