memperbaiki nozzle buntu epson L360

cara memperbaiki lubang nozzle head printer buntu

tokopuas.com – bagi teman – teman dirumah, yang punya printer, pasti sudah banyak yang tahu apa itu nozzle… nozzle adalah lubang lubang yang ada di head printer.. lubang lubang ini , berfungsi untuk mengeluarkan tinta.. tinta yang keluar akan langsung di semprotkan ke media cetak, seperti kertas, DLL….

terkadang, jika printer jarang atau lama digunakan, lubang lubang nozzle head ini bisa tersumbat.. yang membuat hasil cetakan printer tidak sempurna..  untuk mengecek , apakah nozzle head tersumbat atau tidak, bisa mengikuti langkah di bawah ini…

saya menggunakan epson L360… dengan tinta art paper….

langkah pertama.. silahkan masuk kebagian pengaturan epson, dan pilih menu pilihan ” Nozzle Check

cara check nozzle printer

akan muncul tampilan notifikasi seperti gambar di bawah ini :

trik check printer epson L360

dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

cara memperbaiki nozzle mampet

 

langkah selanjutnya.. silahkan lakukan proses pengeprinan…

trik check nozzle buntu epson

pada hasil pengeprinan di atas,, ternyata ada garis garis warna biru yang tidak tercetak…. hal ini akan berakibat.. hasil cetakan gambar menjadi tidak sempurna.. sebagai contoh.. saya akan mencetak sebuah gambar.. untuk gambar aslinya… bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

cara printer sempurna dengan nozzle

nah, untuk gambar di atas, dominan berwarna biru.. karena nozzle head warna biru sedang mampet, atau tidak mengeluarkan tinta.. maka saat proses pengeprinan.. akan berakibat.. semua warna biru akan menghilang.. hasilnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

nozzle mampet dan rusak

ohh.. iya sampai lupa.. untuk setting pengeprinan dengan printer epson L360.. saya menggunakan setting epson matte dengan mode high… mode ini bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

cara melakukan pembersihan nozzle

nah.. pertanyanya adalah, bagaimanakah cara membuat nozzle ini tidak mampet , agar hasil gambar yang di cetak selalu bagus dan sempurna??

  1. pengguna bisa menyuntikkan cairan head cleaner, agar nozzle head tidak buntu, tapi ini hanya untuk nozzle head printer yang sudah terlalu parah..
  2. melakuakn head cleaning… hal ini bisa mengembalikan nozzle head lancar, dan bekerja normal…

nah… di tutorial kali ini, saya ingin mengajarkan cara menggunakan head cleaning epson l360… agar hasil cetak gambar tidak rusak….

langkah pertama, silahkan masuk ke bagian maintenance printer… dan langsung klik di bagian head cleaning…

trik perbaiki nozzle rusak

langkah selanjutnya, akan ada konfirmasi seperti gambar di bawah ini, silahkan lanjutkan dengan mengklik tombol ” START

nozzle rusak parah

dan tunggu hingga proses cleaning berjalan dan sukses…..

cara perbaiki printer rusak nozzle

selanjutnya.. akan ada konfirmasi untuk melakukan print nozzle head.. langkah selanjutnya.. akan muncul seperti gambar di bawah ini :

penyebab nozzle buntu dan mampet

pada gambar dia tas..semua warna telah keluar termasuk biru.. walupun ada beberapa garis putus..tapi, ini sudah cukup untuk mencetak foto..

jika 1 x head cleaning belum bisa membuat warna belum keluar saat melakukan print nozzle check.. maka ulangi head cleaner hingga 2 sampai 5 kali..  hingga semua garis warna keluar..namun, jika masih keluar juga.. …

gunakan cairan pembersih head clenar, untuk memperbaiki head yang mampet…( hanya untuk teknisi printer berpengalaman )…

sekarang…saya akan menguji printer untuk mencetak foto , dengan setting jenis kertas ” Epson Matte  “, dengan mode ” HIGH “.

hasilnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

 

trik membuka nozzle rusak mampet

nah, sekarang, printer epson L360 sudah di gunakan seperti semula.. dengan gambar yang bagus dan cukup cerah…

ada beberapa penyebab kenapa nozzle head menjadi buntu..

  1. pemilihan tinta yang salah… gunakan tinta yang benar benar, tidak akan menyumbat head, ketika printer tidak digunakan selama 1 hari..
  2. printer jarang digunakan…. printer ink Jet harus sering digunakan, agar tinta yang berada didalam lubang head tidak mengering..  jika menggunakan tinta jenis art paper atau sublim, printer harus digunakan setiap hari..

jika ada tulisan saya yang kurang, silahkan anda berkomentar.. terima kasih…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.