kekurangan kelebihan printer laser jet

Kekurangan dan kelebihan printer laser Jet

https://tokopuas.com – laser jet merupakan printer yang menggunakan tinta berbentuk serbuk atau bubuk… saat printer digunakan untuk mencetak, tinta ini akan di panaskan dan di tembakkan langsung ke media kertas… mirip mesin foto copy. Nah, karena menggunakan tinta tinta serbuk yang padat.. membuat hasil cetakan printer laser jet tidak luntur jika dimasukkan kedalam air….

Di postingan ini.. saya akan menuliskan tentang kelebihan dan kekurangan printer laser jet.. tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi..

 

 

 

harga printer laser jet

 

1.printer laser jet dapat mencetak lebih cepat.

Kecepatan cetak printer laset jet hampir setara dengan mesin foto copy.. hal ini dikarenakan laser jet tidak menggunakan catridge seperti printer inkjet.. yang harus bergerak kekiri dan kanan… berbeda dengan system toner laser jet.. yang bisa langsung menembak ke media kertas… mirip dengan mesin offset..hal ini membuat proses cetak menjadi lebih cepat… dan juga yang terpenting, biaya cetak menjadi lebih murah..

2.support kertas art paper dan art carton.

Kertas art paper hanya bisa di cetak menggunakan printer inkjet yang telah di isi tinta khusus art paper, namun.. jika di paksakan di cetak dengan printer biasa.. hasilnya akan langsung mblobor…

baca : perbandingan hasil cetak tinta art paper vs dye ink.

Nah.. dengan printer laser jet, pengguna bisa langsung mencetak ke media kertas art paper.. dan hasilnya tidak akan luntur..

3.tidak perlu khawatir head buntu.

trik setting printer laser jet

jika printer jenis tinta cair inkjet, tidak digunakan lebih dari 7 hari, akan berpengaruh lubang nozzle head menjadi buntu, karena ada tinta yang mengering.. saat nozzle head menjadi buntu, maka hasil cetakan gambar tidak akan sempurna… berbeda dengan printer laser jet yang menggunakan tinta serbuk.. walaupun printer laser jet tidak digunakan untuku jangka waktu lama, tidak akan membuat toner buntu…

 

kekurangan printer laser Jet

1.proses isi tinta serbuk yang cukup rumit.

printer laser jet menggunakan toner, dan didalam toner terdapat drum yang berfungsi untuk menyimpan tinta serbuk.. nah, saat tinta di dalam drum ini habis.. pengguna punya 2 pilihan agar printernya bisa tetap di gunakan, yaitu dengan cara mengisi lagi tinta yang berada di dalam drum atau membeli toner baru yang sudah terisi tinta.. jika pengguna lebih memilih membeli toner baru, maka akan membuat biaya operasional printer menjadi mahal. hal ini di karenakan harga toner printer laser jet yang cukup mahal..

cara setting printer laserjet

nah, solusi kedua yaitu dengan mengisi lagi drum toner dengan tinta.. namun, untuk membuka toner, harus dengan sebuah ketelitian dan keahlian khusus.. karena bila salah membuka dan memasang kembali, akan berakibat toner rusak dan tidak bisa lagi digunakan….  bagi yang sudah terbiasa dengan printer ink jet, biasanya telah di sediakan system infus.. sehingga penggunanya bisa lebih mudah memasukkan tinta dari luar..

2.membutuhkan waktu untuk pemanasan.

semua printer laser jet punya lubang khusus untuk mengeluarkan uap panas, seperti printer fuji xerox.. teman teman , bisa melihat gambarnya seprti di bawah ini :

trik menggunakan laser jet printer

saat proses printing, toner akan memanaskan tinta terlebih dahulu, proses pemanasan tinta ini membutuhkan waktu cukup lama, tergantung dari merek printer yang digunakan… tapi, sekali mencetak, printer akan mencetak cepat, seperti mesin foto copy..

 

3. kualitas foto masih kalah jauh dengan jenis printer inkjet.

printer laser jet menggunakan tinta jenis serbuk, dan jika digunakan untuk mencetak foto, hasilnya memang bagus dan tidak luntur.. tapi, kualitas foto yang di hasilkan masih belum bisa mengalahkan printer ink jet art paper, atau printer inkjet dengan tinta khusus foto… hasil cetakan dengan tinta akan terlihat lebih basah, terang dan gambar lebih hidup ibarat lukisan..

nah, mungkin itu saja yang penulis ketahui tentang kelebihan dan kekurangan printer laser jet…  tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis saat memakain pinter laser jet fuji dan printer laser jet warna…..

jangan lupa .. untuk like dan share yaaaa.. terima kasih…

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.