keuntungan dan kekurangan deposito bank

keuntungan dan kekurangan menggunakan deposito

tokopuas.com – deposito merupakan salah satu produk bank, yang memungkinkan nasabahnya untuk menyimpan uang dengan bunga yang lebih besar, di bandingkan menyimpan uang di tabungan biasa atau debit. namun, apakah menyimpan uang di deposito ada banyak kelebihan dan kekuranganya…

tidak seperti tabungan biasa, uang yang di simpan di deposito tidak bisa di tarik dan di ambil sesuka hati, namun harus di lakukan dalam waktu tertentu saja. dan jika nasabah tetap ingin menarik uangnya yang tersimpan di deposito.. nasabah akan menerima denda, berupa biaya administrasi DLL….

ada beberapa jenis deposito yang di tawarkan pihak bank, seperti deposito berjangka panjang, deposito jangka pendek, dan juga deposito sertifikat yang mempunyai jangka waktu 1 tahun, atau kurang dari 1 tahun… intinya…. deposito hanya dibedakan berdasarkan jangka waktu, dan fasilitas cara pengambilan dan penyetoran uangnya saja…..

keuntungan deposito

nah.. dari uraian di atas.. saya akan menuliskan keuntungan dan kekurangan menggunakan deposito.

Keuntungan

1.aman dan terjamin.

saat anda menyimpan uang di rumah, masih ada resiko uang yang anda simpan hilang, di curi, dan masalah lain.. menabung di deposito sangat aman, karena di jamin oleh pihak LPS ( lembaga penjamin simpanan ), jadi jika terjadi masalah, seperti bank sedang bangkrut, uang nasabah akan tetap terjamin dan dan akan di ganti, sesuai peraturan pihak LPS.

2.resiko yang rendah dan bunga yang tetap.

menyimpan di deposito memiliki resiko yang sangat rendah, dan bunga yang tetap.. berbeda jika pengguna menyimpan uangnya di bursa efek saham,  reksadana, dll.. harga saham selalu naik dan turun mengikuti pergerakan pasar, hal ini berpengaruh dengan nilai uang yang di simpan….

di deposito, uang yang di simpan akan tetap dan bertambah dengan bunga yang telah di tetapkan… deposito juga tidak di pengaruhi dengan pergerakan pasar, DLL…

3.pendapatan sesuai tenor yang di janjikan.

setiap menabung di deposito, nasabah bisa mengambli keuntungan sesuai jangka waktunya.. misalnya tenor setiap 3 bulan.. maka setiap 3 bulan, nasabah dapat mengambil untung dari deposito yang telah di janjikan.. jika keuntungan tidak di ambil di waktu yang di tentukan, maka bisa di pastikan keuntungan tersebut hangus, atau di akumulasikan ke tenor selanjutnya ( tergantung kebijakan bank ).

hal ini membuat si nasabah pemegang deposito mempunyai sebuah pendapatan tetap.

 kekurangan

1.nasabah deposito tidak terlibat.

uang yang di simpan di deposito akan di gunakan pihak bank untuk membiayai usaha, membeli saham, dan hal lain yang bertujuan keuntungan. karena bisa jadi, uang nasabah deposito , telah di kembangkan dan mendapat keuntungan yang sangat besar.  dan nasabah hanya mendapat keuntungan tetap.

hal ini berbeda jika uang di simpan di efek seperti saham, reksadana, yang membuat nasabahnya akan menerima laporan dan bisa memantau pergerakan keuntungan setiap harinya. selain itu, yang harus di ketahui , nasabah deposito harus membayar pajak sebesar 10% dari hasil keuntungan..jadi keuntungan yang diberikan hanya berkisar 90% saja

2. tidak mampu mengalahkan inflasi.

efek infalsi bagi kehidupan

seperti yang kita tahu, nilai uang setiap tahun akan terus menurun, hal ini di sebabkan naiknya harga – harga barang dan jasa, kurs mata uang, dan faktor internal dan exsternal.  contoh inflasi misalnya begini, pada tahun 2011, dengan uang Rp.5000, orang bisa mendapat 5 bungkus, dan pada tahun 2013, dengan uang Rp.5000,- , seseorang hanya dapat 2 bungkus saja.

nah, dengan berinvestasi, di harapkan uang akan bertambah dan berkembang, sehingga bisa melawan inflasi. namun, untuk deposito, hasil bunga yang di dapat cukup kecil dan belum mampu untuk melawan inflasi.

3. keuntungan rendah.

deposito memberikan bunga tetap namun keuntungan rendah. hal ini berbeda dengan saham, yang jika pergerakan pasar sedang bagus, nasabah akan mendapatkan keuntungan besar.. bahkan hingga 100% , namun resiko pemegang saham juga besar… hal ini seperti prinsip dalam investasi :

semakin tinggi hasil yang didapat maka resiko juga akan semakin tinggi.

nah.. tulisan di atas adalah penjelasan saya mengenai deposito yang saya ketahuai… jika tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan share.. terima kasih…

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.