cara menggunakan timer khusus detik dan menit

CARA MENGGUNAKAN DIGITAL TIMER DETIK MENIT

tokopuas.com – timer countdown relay berfungsi untuk mengaktifkan selama beberapa detik atau menit, dan alat dapat di set dengan kombinasi delay dan juga looping perulangan.. jenis timer seperti ini sangat penting digunakan untuuk membuat alat penetas telur, atau inkubator telur.. berdasarkan pengalaman saya sebagai penjual, jenis timer seperti ini sering digunakan untuk mengaktifkan motor dinamo yang menggerakkan rak telur yang berada di mesin penetas telur otomatis……

nah.. timer ini juga mudah di pakai karena mendukung tengangan input mulai dari 6v – 30v ..di lengkapi juga sebagai sumber input 5v yang ada di microUSB.. bisa didapat dari charger handphone ataupun powerbank smartphone…..

OP = lamanya timer menyambungkan relay ( dihitung mundur ).

CL = waktu timer memutus atau delay ( dihitung mundur ).

LOP = ( LOOPING ) jumlah perulangan, proses berulang ulang kerja timer.

Timer countdown ini punya 2 input sebagai power, bisa menggunakan micro usb dengan daya 5V ( charger smartphone / powerbank ) atau menggunakan input dengan tegangan 6V – 30V yang bisa didapatkan dari adaptor.

Input trigger signal, yang ada di bawahnya, berfungsi sebagai trigger/ pelatuk yang berfungsi mengaktifkan perhitungan timer.. cara kerjanya. Jika trigger di aliri listrik,( 1x, atau 1 detik saja ) timer akan bekerja menghitung waktu mundur..( tergantung mode yang di pilih… )

sebelum memulai tutorial ini.. pahami dulu cara kerja timer untuk membedakan timer akan menghitung dalam mode menit, detik atau seperdetik.. lihat gambarnya di bawah ini :

timer menghitung dalam hitungan detik ( X X X. )

timer menghitung dalam hitungan seperdetik ( X X.X )

timer menghitung dalam hitungan menit ( X.X.X. )

 

cara setting mode pertama.

di mode pertama ini, timer hanya bekerja satu kali, misalnya begini, anda ingin menghidupkan alat selama beberapa detik/menit,

lanjut.. saya akan tunjukkan mode pengaturan yang pertama…

Saat timer standby.. tekan selama 2 detik tombol SET, lalu lepaskan. Dan timer akan masuk pilihan mode.. gunakan tombol UP atau DOWN untuk memilih mode yang di inginkan. Contoh saya pilih mode P.1.1.

Setelah mode dipilih, lanjutkan dengan menekan 1 x tombol SET. Dan akan muncul tempilan OP.

Lanjutkan dengan menekan tombol UP dan down untuk mengatur detik/menit sesuai yang di inginkan…

untuk merubah ke pilihan detik dan menit.. tekan tombol ” STOP ” satu kali saja, misalnya anda ingin merubah 999 detik ( X X X. ) menjadi 999 menit ( X.X.X. ).. setelah selesai.. tekan tombol ” SET ” selama 2 detik.. dan timer sudah siap bekerja….

P.1.1 = jika trigger/ pelatuk di aliri listrik selama 1 detik , maka timer akan bekerja.. saat timer bekerja, jika trigger aliri lagi listrik 1 detik, maka timer tidak terpengaruh dan timer tetap bekerja/tidak berhenti.

P.1.2 = jika trigger/ pelatuk di aliri listrik selama 1 detik , maka timer akan bekerja.. saat timer bekerja, jika trigger aliri lagi listrik 1 detik, maka timer akan memulai proses penghitungan waktu ( detik/menit ) dari awal, dan relay tidak akan terpengaruh/ tetap tersambung.

P.1.3 = jika trigger/ pelatuk di aliri listrik selama 1 detik , maka timer akan bekerja.. saat timer bekerja, jika trigger aliri lagi listrik 1 detik, maka timer akan berhenti, relay akan terputus. Dan jika trigger di aliri listrik lagi 1 detik, timer akan bekerja menghitung waktu mundur mulai dari awal.

Keterangan : mode P 1.1, P 1.2 dan P 1.3 , berfungsi untuk mengatur lamanya sebuah peralatan tersambung atau terputus. Tergantung di letakkan di posisi NC atau NO.

Cara setting 2. ( MODE DELAY )

di mode ini, timer mempunya waktu delay atau waktu lamanya timer akan mulai bekerja,misalnya anda ingin menghidupkan alat dengan delay 14 detik/menit dan setelah waktu delay berakhir,  alat akan mengaktifkan relay selama beberapa detik/menit.. .. jumlah menit dan detik dapat di sesuaikan pengguna.. maksimalnya adalah 999 detik, 99,9 detik, atau 999 menit…. OP = waktu lamanya relay bekerja , CL = waktu lamanya delay.

langkah pertama.

Saat mode standby. Tekan selama 2 detik tombol SET, dan gunakan tombol UP dan DOWN untuk memilih mode P.2.

Lanjutkan dengan menekan tombol ” SET ” 1x, dan muncul tampilan ” OP “, dan tampilan akan berkelip.. dan muncul pengaturan waktu yang bisa di setting….. gunakan tombol UP dan DOWN, untuk mengatur lamanya relay bekerja.

untuk berpindah mengatur CL ( delay ) tekan tombol ” SET “, 1 detik saja, dan layar akan menampilkan tampilan CL, tampilan layar akan berkelip, dan masuk pengaturan waktu..

Gunakan tombol UP dan DOWN, untuk mengatur waktu/time/detik/menit, untuk menyimpan, tekan tombol SET selama 2 detik…

P-2 = saat trigger atau pelatuk di aliri listrik selama 1 detik, timer akan menghitung waktu mundur berdasarkan pengatuan ( CL ) selanjutnya timer akan mengaktifkan relay berdasarkan lamanya waktu pengaturan OP. .

Catatan : saat timer sedang bekerja, jika trigger/pelatuk di aliri lagi listrik selama 1 detik, maka timer akan tetap bekerja dan tidak terpengaruh.

Catatan : fungsi ini membuat timer membuat delay /jeda , setelah itu, relay akan mengatur lamanya menyambungkan/memutuskan.

Cara setting 3 ( MODE DELAY + LOOPING ).

di mode ini, timer melakukan delay , di lanjutkan dengan mengaktifkan relay , dan proses ini akan di ulangi lagi berdasarkan banyanya looping yang telah di setting…

misalnya begini, anda ingin timer melakukan delay selama 75 detik ( CL ), setelah waktu delay berakhir, secara otomatis relay akan aktif selama 21 detik ( OP ), dan proses ini ingin di mulai lagi dari awal sebanyak 14 kali ( LOP ) … timer bisa di setting seperti ini.. trigger juga bisa digunakan…

cara setting :

saat mode standby, Tekan selama 2 detik tombol ” SET “, hingga masuk pilihan mode, dan lanjutkan dengan menekan tombol UP atau DOWN, untuk memilih mode. di sini, saya memilih mode P.3.1..

dan lanjutkan dengan menekan tombol ” SET “, selama 1 detik untuk mengatur waktu lamanya relay bekerja.

 

tekan set lagi, untuk mengatur CL, lamanya waktu delay..

tekan set 1x, untuk mengatur LOP. untuk mengatur banyakanya jumlah LOOPING atau perulangan.

… jika anda ingin mengatur waktu LOP ( looping ) secara terus menerus tanpa henti… anda dapat menekan tombol UP atau  DOWN hingga bertemu tampilan seperti gambar di bawah ini :

setelah anda selesai mengatur pengaturan waktu OP , CL  dan looping yang di tentukan.. tekan selama 2 detik tombol ” SET “, untuk keluar dan timer siap untuk bekerja.

keterangan beberapa mode timer…

P.3.1 =di mode ini, saat trigger di aliri listrik 1x, timer akan mulai menghidupkan relay selama atau berdasarkan pengaturan waktu OP, dan mati selama waktu delay setting ( CL ). Dan akan mulai perulangan berdasarkan jumlah LOP yang di setting. Jika loop di setting “ “, maka loop akan terus bekerja berulang ulang tak terbatas. Di mode ini, fungsi trigger/pelatuk dapat di fungsikan untuk menyalakan, dan juga menghentikan timer yang sedang bekerja.

P.3.2 = di mode ini, setelah pengaturan di setting dan di simpan, digital timer akan mulai menghidupkan relay selama atau berdasarkan pengaturan waktu OP, dan mati selama waktu setting /delay ( CL ). Dan akan mulai perulangan berdasarkan LOP yang di setting. Jika loop di setting “ — “, maka loop akan terus bekerja berulang ulang.

Catatan : di mode ini ( P.3.2 ), fungsi trigger tidak dibutuhkan lagi.

Mode lainya…

P-4 = di mode ini , pengguna hanya perlu setting waktu OP, dan jika trigger di aktifkan, secara otomatis, realay akan aktif dan menghitung mundur .

Untuk merubah pengaturan menit, detik, dan seperdetik, saat anda melakukan setting waktu di OP dan CL, tekan tombol “STOP

catatan penting.

Agar relay di digital timer dapat bekerja, timer harus di atur ke ON, Untuk mengaktifkan timer ke mode ON dan OFF, saat di posisi standby, tekan tombol “ STOP “ 1 kali, untuk masuk ke mode ON, dan tekan “ STOP “, lagi untuk masuk mode OFF

DAN

cara masuk mode sleep timer.

Timer bisa di setting ke mode SLEEP MODE, yang membuat timer bisa mematikan lampu display dan fungsi timer akan tetap bekerja.. dengan mematikan lampu display, usia layar, akan lebih awet, karena penggunaanya bisa di minimalisir... sleep mode akan aktif jika selama 5 menit, tombol timer tidak di tekan . ( mode hemat energy…).. untuk mengSETTING ke sleep mode, tekan selama 2 detik tombol STOP dan lepaskan.. hingga ada tampilan C – P.

dan untuk kembali ke mode normal, tekan tombol stop selama 2 detik, hingga muncul tampilan 0 – d.

Maksimal kekuatan relay timer adalah 5 ampere, dan jika ingin di sambungkan ke peralatan listrik tegangan tinggi 5000 watt keatas, gunakan relay SSR. Jangan lupa untuk like dan share.. terima kasih…

baca : cara menggunakan relay SSR.

beli digital timer relay :

tokopediahttps://www.tokopedia.com/blue-ice/digital-timer-delay-countdown-switch-detik-cycle-input-dc-max-10a

bukalapakhttps://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/npnkmg-jual-digital-timer-countdown-delay-switch-control-on-off-menit-detik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.