cara memperpanjang masa aktif SIM C

cara memperpanjang sim C

tokopuas.com – sim atau surat izin mengemudi, mempunyai masa aktif , yaitu selama 5 tahun, di hitung berdasarkan tanggal lahir si pemilik sim. sim harus bisa di perpanjang 60 hari sebelum sim tersebut kadaluarsa.. dan jika si pemilik sim terlambat 1 hari saja.. maka si pemilik sim di haruskan untuk membuat sim baru dan memulai prosedur pembuatan sim dari awal…

baca : jenis jensi SIM kendaraan bermotor

tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya ketika ingin memperpanjang masa aktif sim C.. sebelum melakukan perpanjangan sim c, ada 2 cara yang bisa di lakukan.. yaitu melalui jasa perantara ( calo ) atau melalui jalur resmi…. nah. yang saya bahas perbedaan memperpanjang melalui jalur resmi dan calo.

jalur resmi :

  1. membawa sim lama.
  2. melakukan test kesehatan, mengisi dokumen,
  3. mengisi dokumen permohonan pembuatan sim.. dan yang paling penting.. biaya yang lebih murah. hanya sekitar 80.000 – 100.000 .. tergantung dari kebijakan kantor samsat..

melalui jalur calo ( biro jasa ) :

  1. membawa sim lama, membawa surat check kesehatan , bayar biaya jasa, sekitar 150.000 , sudah komplit..kita tinggal tunggu panggilan.. di foto terus jadi.. sangat simple dan cepat….

nah, dengan selisih yang gak begitu banyak, dan masa aktif sim c yang sampai 5 tahun, membuat pengguna lebih banyak menggunakan jasa calo ( biro jasa ).. tapi bagi kalian yang ingin mencoba pengalaman baru. ada baiknya juga kalian membuatnya sendiri tanpa biaya calo biro jasa..

itung – itung bisa buat pengalaman baruu…..

nah.. sekian.. di atas adalah pengalaman saya memperpanjang masa aktif sim C, di tahun 2019 ini.. jika tulisan ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan share yaaa..terima kasih…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.