cara aman anti overcharge smartphone

Diposting pada

trik aman anti overcharger smartphone android

tokopuas.com – overcharger atau mengcharger smartphone terlalu lama dan tidak di cabut saat bateray sudah penuh, akan membuat usia bateray lebih pendek dan cepat menggembung. overcharger sering terjadi saat pengguna sedang tidur.. biasanya, saat malam hari, pemilik smartphone mengcharger smartphone,nya dan langsung di tinggal tidur.

mengcharger bateray smartphone dengan cara seperti ini adalah cara yang salah, karena sama saja mengcharger smartphone lebih dari 8 jam terus menerus. ( jika di charger mulai jam 21.00 – 05.00 ). padahal, jika smartphone tersebut sudah punya fitur fast charging, hanya dengan waktu 1 – 2 jam saja, bateray smartphone bisa langsung penuh.

nah, apakah ada cara untuk mengatasi overcharger..??? tentu saja ada cara .. salah satunya menggunakan digital timer.. di tulisan ini saya akan menggunakan sebuah timer yang khusus yang telah di lengkapi dengan fitur countdown. sebuah fitur yang bisa mennghidupkan selama yang di inginkan.. mirip timer oven atau microwave.. untuk tampilanya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

untuk cara settingnya… silahkan tekan tombol ” prog “.

selanjutnya.. akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

tampilan di atas.. adalah tampilan setting timer … timer ini mampu diset sebanya 20 on, dan 20 ff… tapi…untuk tulisan ini, kita hanya butuh setting countdown timer. jadi kita harus tekan lagi tombol PROG, sampai bertemu tampilan seperti gambar di bawah ini :

tampilan huruf d , di layar menandakan timer telah masuk ke pangaturan countdown.. lanjutkan dengan menekan tombol ” HOUR “, untuk setting jam, dan ” MIN “, untuk setting menit.

karena biasanya , smartphone android saya, bisa penuh dari 10% – 100% sekitar 1 jam 20 menit, maka saya akan settting pengaturan countdown selama 1 jam 30 menit.. jadi setelah 1 jam 30 menit, secara otomatis alat akan memutus sambungan listrik. setelah di setting.. silahkan tekan tombol ” clock “.. untuk keluar dari setting, dan kembali ke mode jam.

langkah selanjutnya… saya akan mencoba menggunakan timer ini untuk charger smartphone.. sebelumnya. saya akan tancapkan dahulu charger di timer ini :

tekan tombol ” mode “.. untuk mengaktifkan mode ON, AUTO, dan off… karena saya ingin mengcharger smartphone selama 1 jam 30 menit… saya akan tekan tombol mode… hingga di layar muncul tampilan ON…

saat di mode on, menandakan charger telah tersambung dengan listrik.. sekarang sambungkan smartphone ke charger.. karena saya akan memulai mengcharger smartphone.. selanjutnya.. akan countdown timer bekerja.. dan mengcharger smartphone selama 1 jam 30 menit.. tekan tombol ” DEL

tekan tombol ” DEL “, hingga di layar muncul tulisan ” cd “, tampilan ini menandakan timer telah mengaktifkan mode countdown.. dan setelah 1 jam 30 menit… secara otomatis.. timer akan memutuskan arus listrik yang telah tersambung ke smartphone….

dengan alat ini, sekarang kita bisa terbebas dari masalah overcharger yang bisa membuat bateray smartphone cepat rusak , drop dan menggembung.. memang untuk smartphone android, harga bateray tidak begitu mahal.. namun, berbeda untuk harga bateray smartphone flagship sekelas iphone…

beli digital timer ini :

bukalapak : https://www.bukalapak.com/p/rumah-tangga/elektronik-1111/stop-kontak/17x7zif-jual-digital-timer-stop-kontak-dan-countdown-with-40-on-dan-off-sinotimer

tokopedia : https://www.tokopedia.com/blue-ice/contdown-dan-digital-timer-stop-kontak-alat-otomatis-40-on-dan-off

semoga tulisan ini bermanfaat.. jangan lupa untuk like dan shareee… terima kasih…..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.