membuat kipas otomatis berdasarkan suhu

membuat kipas otomatis berdasarkan suhu

tutorial membuat kipas otomatis berdasarkan suhu

tokopuas.com – saat kita berada didalam ruangan ber Ac, kita bisa menggunakan remote control yang berfungsi untuk mengatur suhu ruangan, jadi, jika ingin suhu di ruangan dengan suhu 30 derajat, tinggal di atur saja melalui remote control.

baca : test tinta uang kertas vs detergent.

contoh gambar : tampilan di bawah ini adalah, jika suhu di atas 30 derajat celcius.. kipas akan otomatis di aktifkan oleh thermostat

selanjutnya… jika suhu di bawah 28 derajat celcius.. kipas angin akan otomatis di matikan,, silahkan lihat gambar di bawah iin :

nah, jika kita menggunakan kipas angin, kita tidak bisa mengatur suhu yang kita inginkan, sehingga tidak perduli ruangan tersebut terlalu dingin, kipas akan terus berputar.. untuk mengatasi kekurangan kipas ini, saya mempunyai sebuah ide. yaitu menggunakan subuah alat pengatur suhu termostat.

baca : fitur fast charger samsung original.

dengan subuah alat termostat, kia bisa membuat sebuah kipas angin akan bekerja otomatis, jika suhu terlalu panas, kipas akan bekerja dan jika suhu terlalu dingin, kipas akan langsung di matikan.. simple sekali bukan…

sebelum memulai tutorial ini.. silahkan teman – teman di rumah, melihat dahulu rancangan yang saya buat di bawah ini…..

nah… sebelum memulai totorial ini.. alat alat yang di butuhkan adalah.

  1. adaptor DC 12v.
  2. thermostat W1209.
  3. relay SSR dc input , ac output.
  4. kipas angin.

untuk cara penyambunganya.. anda bisa mengikuti wiring diagram yang telah saya buatkan di atas.. alasan kenapa saya menggunakan relay SSR adalah, relay ssr mampu di sambungkan dengan tegangan hingga 5000 watt… jadi. dengan tuturial ini, anda tetap bisa menyambungkan kipas besar dengan tegangan 5000 watt.. untuk video tutorialnya… saya juga sudah buatkan… silahkan lihat videonya di bawah ini :

jangan lupa untuk like dan subscribe.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: