Biaya denda tilang punya SIM dan tidak punya

surat izin mengemudi

Biaya denda tilang bagi pengendara yang punya sim dan tidak punya

tokopuas.com – SIM atau surat izin mengemudi wajib dimiliki seorang pengendara dengan usia minimal 17 tahun. Bagi pengendara yang belum cukup umur maka belum bisa memiliki SIM.

Jika pengendara yang mengendarai kendaraan tidak memiliki sim maka akan terkena sanksi tilang saat ada razia polisi di jalan. Nah.. berapakah sanksi denda bagi pengendara yang tidak memiliki sim,??

baca : keuntungan menggunakan sim umum

Berdasarkan hukum di indonesia, undang – undang nomer 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pasal 281 yang berbunyi ” setiap pengguna kendaraan bermotor yang tidak memiliki sim , akan di pidana dengan pidana kurunngan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak 1 juta rupiah. “

1 juta rupiah adalah biaya denda maksimal, dan jika anda melanggal pasal 281, biaya yang anda bayarkan akan di tentukan oleh hakim pengadilan , bisa 1 juta atau lebih murah.

Baca : biaya perpanjangan sim C

bagi pengendara yang telah memiliki sim bisa terkena denda jika pengendara tersebut tidak bisa menunjukkan SIM saat ada razia polisi. Sesuai pasal 288 ayat 2, yang berbunyi ” setiap pengendara kendaraan bermotor yang telah memiliki SIM namun tidak bisa menunjukkan SIM saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak 250 ribu rupiah.

jadi, usahakan sim selalu anda bawa saat anda berkendara. Semoga tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.