Cara membuat SKCK online dari luar kota

Cara membuat SKCK online dari luar kota

Cara membuat SKCK dari luar daerah secara online

tokopuas.com – salah satu syarat membuat SKCK secara offline adalah datang ke kantor kapolres sesuai domisili KTP. Namun, jika sang pemohon berada di luar kota, pasti akan sangat kesusahan jika harus pulang ke kota domisili, terlebih lagi, jika dokumen yang harus di kumpulkan membutuhkan waktu 2 hari.

Nah, dengan hadirnya skck online ini, membuat seseoranh yang sedang merantau dan jaun dari domisili, tetap bisa membuat SKCK.

baca : cara membuat skck baru.

Karena berbasis online, maka dokumen yang dikirimkan harus di scan, menggunakan mesin scanner.

Dokumen yang harus di persiapkan :

1.Scan KTP/SIM yang masih berlaku.  

2.Scan kartu keluarga yang masih berlaku.

3.scan akta kelahiran.

4.scan foto ukuran 4×6

5.surat pengantar dari kelurahan, surat ini bisa diminta di kantor kelurahan setempat, misalnya pemohon skck berada di sebuah kelurahan di kota malang, maka pemohon bisa datang ke kantor tersebut.

Surat pengantar ini nantinya akan di bawa ke kapolres untuk keperluan mengambil SKCK.

baca : pengalaman membayar pajak samsat keliling.

5.foto setengah badan, berwarna dan terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Selanjutnya, silahkan akses situs resmi pendaftaran SKCK online. Nah yang perlu di perhatikan, jika domisili asal anda dari jakarta, bekasi , depok daan tanggerang, bisa mengakses situs :

https://skck.polri.go.id/

bagi warga bali bisa mengakses situs pendaftaran SKCK di : http://www.bali.polri.go.id

bagi warga jawa tengah bisa mengakses situs :

http://skck.jateng.polri.go.id

catatan : khusus bagi warga jakarta, bekasi, depok, proses pembuatan skck secara online akan menjadi lebih mudah dan praktis, proses registrasi bisa langsung melelaui form ” https://skck.polri.go.id ” namun untuk warga lain seperti jawa tengah, proses membuat skck online tidak mudah, dan hanya kantor polres dan polda tertentu saja yang mendukung fitur ini.

warga selain domisili jakarta, bekasi, depok , juga bisa bisa membuat skck online melalui situs ” https://skck.polri.go.id ” . namun, hanya warga dari kota atau kecamatan tertentu yang bisa diterima.

Buka situs skck online. dan klik di bagian pendaftaran.

Cara membuat skck online

selanjutnya akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Trik buat skck luar kota
Fungsi skck online

tampilan di atas mengharuskan anda memilih tujuan anda membuat skck, memilih alamat kantor polres / polda sesuai alamat domisili KTP dan metode pembayaran, bisa melalui tuna/bayar locke, atau melaui bri virtual account/briva.

setelah data berhasil di input, silahkanklik lanjut, dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

Cara tercepat membuat skck
Skck polres online mudah

gambar di atas, mengharuskan anda mengisi nama lengkap, data agama, dan alamat domisili anda, dan scan foto setengah badan, berwarna dengan ukuran 4×6. setelah dara berhasil di input, silahkan anda klik lanjut, dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

Form isi skck online
Rumus sidik jari skck

tampilan di atas, mengharuskan anda memasukkan data saudara kandung, data ayah dan ibu. jika pemohon skck tidak mempunyai saudara kandung atau anak tunggal, cukup isi data ayah dan ibu saja. klik lanjut, dan akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini :

Syarat membuat skck

tampilan di atas, mengharuskan pemohon memasukkan riwayat pendidikan, masukkan data dengan benar dan sesuai. setelah selesai, silahkan klik tombol lanjut.

Trik cepat membuat skck online

tampilan di atas, mengharuskan pemohon skck memasukkan daftar pidana kejahatan yang pernah di alami, jika belum pernah terkena hukum pidana, langsung klik tombol ” lanjut “.. dan akan ada tampilan baru seperti gambar di bawah ini :

Membuat rumusan sidik jari
Trik instalasi skck online

tampilan di atas, anda harus memasukkan data ciri fisik anda, seperti rambut, tinggi badan, berat badan, dan rumu sidik jari kanan dan kiri. untuk mendapatkan rumus sidik jari, anda dapat membacanya di tulisan ini, paling bawah. setelah data – data berhasil di isi, silahkan klik tombol lanjut.

Lampiran skck online

agar proses permohonan pembuatan skck online di setujui, pemohon harus melengkapi data lampiran yang telah di scan, seperti ktp, kartu keluarga, akta lahir, dan juga lembar rumusan sidik jari. setelah data di isi , klik tombol lanjut :

Syarat di butuhkan skck
Trik mudah membuat skck cepat

nah, tahap terahir, silahkan lengkapi form di atas, dan masukkan email yang masih aktif, form khusus orang asing, di kosongkan saja…

setelah semua data siap dan benar, klik tombol ” proses “, dan nanti anda akan mendatkan nomer ” registrasi “, gunakan nomer ini untuk mengambil skck asli di kantor polres atau polsek terdekat anda.

cara mengurus rumus sidik jari

Nah, saat anda akan mengambil SKCK asli di kantor polres terdekat anda, anda akan ditanyai rumus sidik jari. Bagi sebagian besar orang, pasti banyak yang bingung, untuk mengurus rumus sidik jari, pemohon dapat datang ke kantor polres dengan membawa surat rekomendasi dari polsek.

Syarat – syarat dokumen untuk perekaman sidik jari

  • 1.foto kopy KTP 1 lembar.
  • 2.foto depan ukuran 4×6 dengan background merah 2 lembar.
  • 3.Foto samping kanan ukuran 4×6 background merah 1 lembar.
  • 4.foto samping kiri ukuran 4×6 background merah 1 lembar.

Setelah syarat di atas terpenuhi, silahkan anda mengisi form sidik jari yang telah di sediakan di kantor polres, form di isi dengan nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik lainya.

Setelah selasi, silahkan anda mengantri di loket untuk mengambil SKCK, biayanya adalah 30.000 . Berdasarkan peraturan pemerintah nomer 60 tahun 2016 tentang tarif dan jenis penerimaan negara bukan pajak ( PNBP ).

jangan lupa untuk melegalisir setelah SKCK selesai di buat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: