Cara memperbaiki dinamo double starter

Cara memperbaiki dinamo double starter

Cara memperbaiki dinamo double starter

tokopuas.com – dinamo starter membuat motor bisa dihidupkan dengan mudah tanpa harus menggunakan kick starter, atau engkol.

Namun, dinamo starter terkadang juga bisa terkena masalah seperti tidak bekerja dan hanya terdengar suara tak, tak, tak. Nah, jika sepeda motor dirumah megalamibhal ini, di bawah ini adalah bebeberapa hal yang harus di periksa jika dinamo starter tidak bekerja.

baca : memperbaiki lampu stop cakram depan tidak menyala.

1.periksa aki motor.

Jika aki motor dalam keadaan kurang sehat, atau daya listrik yang di keluarkan melemah. Akan berakibat dinamo starter tidak dapat bekerja optimal.

2. Periksa relay dinamo starter.

Relay dinamo starter biasanya terletak didekat aki dan ada kabel langsung menyambung ke dinamo starter. Untuk mengecek relay masih bekerja atau tidak, coba pencet tombol starter, dan dengarkan. Jika relay masih mengeluarkan suara. Berarti relay masih bekerja normal. Jika relay tidak mengeluarkan suara, berarti relay rusak.

Coba juga dengan menyambungkan kutub relay, jika dinamo starter bisa langsung menyala, beearti relay sudah melemah dan harus di ganti baru.

catatan : untuk sepeda motor matic yang menggunakan system ecu, cara pengecekan berbeda dengan tulisan ini.

baca : cara merawat rantai sepeda motor.

3.periksa kabel dan dan system kelistrikan.

Periksa semua kabel yang berhubungan dengan dinamo starter, jika ada kabel yang putus, terbakar, atau konslet. Segera perbaiki , karena akan sangat berpengaruh dengan dinamo starter.

4.periksa dinamo.

Selanjutnya, coba periksa bagian dinamo, untuk memeriksa bagian ini, butuh keahlian. Anda bisa memeriksa bagian colt booster dan angker dinamo. Jika colt booster habis segera ganti dengan yang baru, sedangkan jika bagian angker tercium bau terbakar, bisa di pastikan angker rusak dan harus di ganti.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: