Cara mengurus KTP yang hilang

mengurus KTP hilang

Cara mengurus KTP yang hilang atau di curi

tokopuas.com – KTP atau kepanjangan dari kartu tanda penduduk merupakan sebuah kartu penting yang sangat berguna sebagai syarat. Seperti membuat BPJS, membuat rekening, paspor dan masih banyak lagi fungsi KTP.

nah, bagaimana jika ktp hilang,?? Jika anda kehilangan KTP, maka segeralah mengurusnya.

Saat kehilangan KTP , hal pertama yang harus di lakukan adalah meminta surat kehilangan dari kepolisian. Setelah surat kehilangan di terima, kumpulkan berkas di bawah ini :

  • 1.kartu keluarga asli.
  • 2.foto copy ktp yang hilang ( jika ada ).
  • 3.akta kelahiran.
  • 4.pas foto berwarna 3×4 2 lembar.
  • 5.pas foto berwarna 4×6 2 lembar.
  • 6.surat pengantar dari kelurahan.

baca : pengalaman membayar pajak samsat keliling.

Pas foto di gunakan sebagai syarat saat membuat surat pengantar, untuk kartu keluarga dan akta kelahiran, untuk di foto copy masing masing 3 lembar, untuk berjaga – berjaga jika nanti di butuhkan.

Langkah selanjutnya, datanglah ke kantor disdukcapil di kota anda, saya lebih menyarankan membuat KTP di disdukcapil, kalau membuatnya di kecamatan, KTP akan lama jadi, dan hanya di beri Resi KTP saja.

Di kantor disdukcapil, silahkan ambil formulir untuk membuat KTP baru, dan serahkan berkas seperti KK, surat kehilanggan, akte lahir, dan foto copy KTP lama anda.

baca : syarat dan cara membuat skck baru.

Jika dokumen yang di ajukan lengkap, maka anda hanya perlu menunggu panggilan untuk di foto, dan KTP akan langsung jadi…

Nah, dari tulisan ini , usahakan agar selalu mempunyai foto copy KTP di rumah, untuk jaga – jaga jika terjadi kehilangan..

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share.. terima kasih ..

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.