Cara merawat piston kendaraan bermotor

Cara merawat piston kendaraan bermotor

Trik merawat piston kendaraaan bermotor

tokopuas.com – piston atau orang jawa tengah biasa menyebutnya seker, merupakan bagian terpenting di mesin. Piston merupakan sumber utama penggerak gear di dalam mesin. Pergerakan piston di hasilkan dari proses pembakaran bahan bakar.

cara merawat piston

Nah, untuk merawat piston, di bawah ini adalah hal penting yang harus diperhatikan agar piston selalu awet.

baca : pasang busi tanpa ring apakah aman?

1. Volume oli mesin.

Piston merupakan bagian yanh reterus bergerak dan bergesekan. Nah, agar pergesekan ini selalu lancar , dibutuhkanlah sebuah pelumas mesin yaitu Oli.

Volume oli yang berada di dalam mesin harus sesuai standard. Oli tidak boleh kurang atau terlalu banyak. Jika sampai oli di dalam mesin habis saat mesin bekerja, maka akan terjadi kerusakan pada piston, silinder dan ring piston. Jika volume oli terlalu banyak, mesin motor bisa mati karena bagian klep, busi yang selalu terendam oli.

baca : fungsi dan kegunaan SIM C1 dan C2.

2. Komposisi bensin.

Pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang bersih dari timbal, kerikil, serpihan besi dll. Serpihan besi atau kerikil kecil yang masuk kedalam mesin, akan berakibat langsung merusak piston saat terjadi proses pembakaran.

3.penggunaan oli palsu.

Selain oli, keaslian oli yang di pakai juga harus sesuai standard, menggunakan oli palsu atau sembarang oli, dapat membuat ring piston dan klep mengalami kerusakan.

semoga tulisan ini bermanfaat.. jangan lupa like dan share

2.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: