Denda tilang tidak membawa STNK atau mati pajak

Denda tilang yang harus di bayar jika tidak ada stnk

tokopuas.com – setiap satu tahun sekali, pemilik kendaraan bermotor di wajibkan membayat pajak STNK dan setiap 5 tahun sekali membayar pajak TNKB. Dengan membayar pajak, sudah termasuk membantu negara untuk membangun infrastuktur seperti jalan, jembatan dll.

Menggunakan sepeda motor yang tidak di lengkapi surat surat yang lunas pajak, akan berakibat kendaraan terkena razia polisi dan di sita.

baca : perbedaan stnk dan stck

Walaupun kendaraan sudah dilengkapi dengan surat STNK lunas pajak, tapi jika saat ada razia polisi, pengemudi tidak bisa menunjukkanya, maka pengemudi tersebut akan mendapat tilang dan membayar denda… sesuai Undang undang nomer 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 288 ayat 1 yang berbunyi :

” setiap pengendara yang tidak di lengkapi dengan surat tanda nomor kendaraan bermotor atau surat tanda coba kendaraan bermotor dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp.500.000 ( lima ratus ribu rupiah ). “

Dan polisi berhak menyita kendaraan bermotor yang belum di lunasi pajaknya sampai pemilik kendaraan tersebut di lunasi pajaknya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.