Fungsi BPKB kendaraan bermotor

Diposting pada

Fungsi kegunaan BPKB kendaraan bermotor

tokopuas.com – buku Pemilik kendaraan bermotor atau di singkat BPKB. Kalau di ibaratkan, BPKB hampir sama seperti sertifikat tanah, yang menyimpan nama pemilik kendaraan, warna, jenis, dan identifikasi lainya tentang kendaraan.

Nah, di bawah ini akan saya tuliskan fungsi – fungsi penggunaan BPKB.

baca : cara mengurus STNK hilang.

1.mempertahankan harga jual.

Saat kita mengaksea situs marketplace kendaraan, kita bisa melihat harga pasaran kendraan second, tapi, saat kita menemukan kendaraan yang di jual tanpa surat lengkap, harganya bisa sangat murah dan sedikit peminat. Jadi, bisa di ambil kesimpulan jika sebuah kendaraan tanpa BPKB, maka kendaraan tersebut akan mengalami penurunan harga jual.

2.untuk membayar pajak TNKB.

setiap 5 tahun sekali, kendaraan bermotor harus membayar pajak TNKB dan mengganti pelat nomor baru. Tanpa buku BPKB, sebuah kendaraan akan langsung mati pajak, dan bisa terkena razia polisi.

baca : cara mengurus BPKB yang hilang.

3.surat izin memodifikasi kendaraan.

Bagi yang hoby memodifikasi kendaraan bermotor, seperti merubah warna, bentuk, atau mengganti mesin, tapi ingin kendaraanya tetap aman dari razia polisi. Pemilik kendaraan bisa mengurusnya dengan mudah melalui BPKB. dan kendaraan akan tetap legal.

baca : cara mengurus KTP yang hilang.

4.riwayat kendaraan bermotor.

saat ingin membeli kendaraan second, jangan pernah lupa untuk memeriksa BPKB. hal ini bertujuan untuk mengetahui kendaraan berasal,tahun di buat, apakah ada warna yang di rubah, riwayat pemilik dan identitas penting lainya.

Jika kendaraan bermotor tidak sama dengan BPKB, maka anda harus berhati – hati, karena itu termasuk modus penipuan.

Nah , di atas adalah fungsi BPKB, jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.