Penyebab rem blong saat jalan turun panjang

Penyebab rem blong saat jalan turun panjang

Rem bisa blong saat turun gunung, kenapa bisa.??

tokopuas.com – saat kendaraan menuruni turunan yang panjang dan tajam, dan mengharuskan rem untuk selalu digunakan , kemungkinan akan terjadi kecelakaan yang di akibatkan rem blong.

Standard rem kendaraan bermotor di indonesia adalah bagian depan memakai rem cakram sedangkan bagian belakang menggunakan rem tromol. Rem cakram dan rem tromol mempunyai kelebihan dan kekurangan..

Nah, saat menuruni jalanan turun, rem tromol tidak akan mampu mengurangi kecepatan laju kendaraan, jadi harus di kombinasikan dengan rem cakram depan.

baca : perbedaan jenis oli rem cakram dot3 dan dot4.

Gesekan kampas rem cakram dan piringan cakram akan menimbukan panas. Semaki lama bergesekan, panas akan semakin tinggi. Jika panas mencapai titik didih maksimal oli rem cakram, maka oli rem akan langsung menguap, dan membuat rem cakram tidak berfungsi.dan terjadilah rem blong.

Nah, dari kesimpulan di atas, ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mencegah terjadinya rem blong saat menuruni jalan turun.

1. Bawalah air untuk menyiram caliper dan piringan rem cakram. Hal ini untuk mendinginkan atau menghilangkan panas.

2.jika tidak membawa air, berhentilah sejenak untuk membuat caliper dan dish menjadi lebih dingin. Dan jika caliper dan piringan sudah menjadi lebih dingin. Perjalanan bisa di lanjutkan lagi.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa like dan share…

.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: