Perbedaan jenis Sim C1 dan C2

perbedaan sim C1 dan c2

perbedaan fungsi SIM c1 dan c2

tokopuas.com – setiap pengendara sepeda motor yang telah cukup umur wajib mempunyai SIM C, fungsi SIM berfungsi sebagai licensi yang menunjukkan jika pengendara tersebut telah legal berkendara di jalan.

Jika pengendara tidak mempunyai sim, maka pengendara tersebut di anggap ilegal, dan akan mendapatkan sanksi denda berdasarkan peraturan pemerintah.

Baca : sanksi denda tidak memiliki sim.

Awalnya, Pengendara sepeda motor hanya perlu menggunakan SIM C, namun, di karenakan ada produsen motor yang mengeluarkan produk motor dengan CC 250, 500 CC, bahkan 1000 CC.

cc menandakan besarnya kapasitas mesin, semakin besar mesin, motor akan semakin berat ,besar dan cepat. Motor dengan CC 500 keatas biasanya mempunyai body yang cukup besar, hampir menyamai mobil. karena alasan inilah pemerintah menerbitkan sim baru khusus kendaraan sepeda motor, yaitu SIM C1 dan C2.

SIM C1 di khususkan bagi pengemudi sepeda motor dengan CC di atas 250, sedangkan SIM C2 di gunakan untuk sepeda motor dengan mesin di atas 500 cc.

baca : perbedaan sim a b c dan D.

Untuk biaya pembuatan sim C1 dan C2 adalah Rp.100.000,-

Sedangkan untuk memperpanjang masa aktif SIM C1 dan C2 , adalah Rp.75.000,-

Biaya ini berdasarkan peraturan pemerintah nomer 60 tahun 2016, jika tedapat peraturan baru, biasanya biaya juga akan berubah juga.

Biaya di atas belum termasuk biaya test kesehatan, dan biaya administrasi lainya. Anda bisa membayar biaya pembuatan sim dengan murah dengan syarat anda harus lulus semua test, jika tidak lulus. Maka tidak bisa memiliki SIM.

Kesimpulan : tanpa adanya aturan tentang SIM C1 dan C2 , akan sangat berbahaya jika seorang anak yang baru punya sim C langsung mengendarai motor CC besar. hal inilah yang menjadi perhatian pemerintah, untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

semoga tulisan ini bermanfaaat, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.