Perbedaan oli rem cakram dot3 dan dot4

trik mudah memasang oli

cara memilih oli rem cakram kendaraan

tokopuas.com – system rem cakram pada sepeda motor menggunakan cairan yang digunakan untuk mendorong kampas rem. Kampas rem yang menekan piringan cakram akan menghentikan pergerakan.

Nah, cairan yang di gunakan untuk rem cakram ada yang memakai dot3 dan dot4. Jenis dot4 dan dot3 mempunyai perbedaan yaitu bahan yang digunakan dan titik didih.

baca : cara merawat rantai motor.

Tapi, yang harus di perhatikan, jika rem cakaram anda merekomendasikan cairan DOT3 maka gunakan yang sesuai, jika mengisinya tidak sesuai yang di rekomendasikan, bisa berpotensi merusak komponen rem cakram.

Perbedaan dari segi suhu, cairan DOT3 mempunyai titik didih maksimal 245 derajat celcius, sedangkan DOT4 mempunyai titik didih maksimal 255 derajat celcius. Nah, dari titik didih, Oli DOT4 lebih baik untuk di gunakan.

Kekurangan oli cakram DOT3 adalah bisa tercampur air sebesar 3% saat di gunakan dalam tempo waktu 1 tahun, air ini bisa datang dari penguapan atau pengembunan yang terjadi. Efek tercampurnya air kedalam oli rem, akan membuat titik didih DOT3 Menurun menjadi 145 derajat celcius.

baca : penyebab rem motor blong saat turun gunung.

Saat kampas rem bergesekan dengan piringan cakram/dish, proses ini akan menimbulkan panas. Panas juga akan mempengaruhi oli rem cakram. Semakin lama kampas dan piringan bergesekan, panas yang di hasilkan juga akan semakin tinggi..

jika panas yang di hasilkan mencapai titik didih maksimal oli rem cakram, maka oli rem akan menguap, karena air menguap, tekanan ke kampas rem akan hilang , dan akhirnya rem cakram akan blong, atau rem tidak berfungsi…

Nah, dari alasan di atas, jika rem cakram yang anda gunakan merekomendasikan memakai oli DOT4 , maka gunakanlah oli cakram DOT4 … semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.