Syarat membuat sim internasional luar negeri

Syarat membuat sim internasional

tokopuas.com – bagi seseorang yang ingin bekerja menjadi supir di luar negeri, atau sekedar ingin mengendarai kendaraan bermotor diluar negeri, orang tersebut harus memiliki sim international.

Sim international tidak bisa di gunakan dibsemua negara, tapi dapat digunakan di negara – negara yang telah melakukan perjanjian international dengan negara indonesia.

untuk membuat sim international, ada syarat yang harus dipenuhi. Di bawah ini saya tuliskan syarat membuat sim :

baca : perbedaan SIM C1 dan C2 untuk sepeda motor.

  1. foto copy KTP dan membawa KTP asli, khusus WNA , harus membawa KITAP atau kepanjangan dari kartu izin tetap asli dan sudah di fotocopy.  
  2. SIM nasional asli, usahakan untuk mebawa semua SIM yang dimiliki, nantinya digunakan untuk menentukan golongan SIM international.
  3. Membawa paspor asli yang masih berlaku dan foto copy.
  4. Membawa foto terbaru ukuran 4×6, bagi pemohon laki – laki, harus menggunakan dasi, sedangkan pemohon perempuan menggunakan blazer.
  5. Membawa materai 6000.
  6. Bagi WNA yang bekerja di kedutaan, wajib melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan, Dan ID Korps diplomatik ( usahakan ada ).
  7. Membayar biaya pembuatan sim international. Untuk biayanya masih di atur peraturan pemerintah nomer 60 tahun 2010,

baca : fungsi dan kegunaan sim D1.

Nah, setelah semua berkas di atas terkumpul, kini saatnya memproses pembuatan SIM international.

  • 1.datang ke kantor Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid pengemudi , dan masuk ke bagian pelayanan SIM international. Untuk alamatnya berada di Jl. Letjen MT haryono kav 37-38, jakarta. Dan tidak bisa di wakilkan.
  • 2.setelah sampai, silahkan ambil ticket antrian, dan tunggu hingga di panggil.
  • 3.Pastikan dokumen yang di bawa lengkap dan valid, karena nanti, saat nomer antrian anda di panggil, anda harus menyerahkan berkas tersebut ke petugas.
  • 4.jika berkas yanh di serahkan ke petugas di anggap valid, biasanya anda akan di berikan formulir pengisian data, pastikan data yanh anda masukkan ke formulir lengkap dan jelas.

didalam formulir, nantinya anda akan disuruh memilih jenis golongan, sesuaikan dengan jenis SIM NASIONAL yang telah di miliki.

golongan – golongan SIM INTERNATIONAL :

  1. Golongan A = digunakan untuk mengendarai sepeda motor, sepeda motor yang ada gandengan, sepeda motor untuk orang cacat dan kenndaraan roda tiga dengan berat kosong tidak melebihi 400 Kg.  
  2. Golongan B = digunakan untuk mengendarai mobil penumpang dengan maksimal penumpang sebanyak 8 orang, termasuk supir. Atau mengemudikam mobil pengangkut barang dengan berat tidak melebihi 3500 Kg.
  3. Golongan C = digunakan untuk mengendarai mobil pengangkut barang dengan berat barang lebih dari 3500 kg.
  4. Golongan D = digunakan untuk mengendarai mobil penumpang dengan jumlah penumpang lebih dari 8 orang termasuk pengemudi.  
  5. Golongaan E = digunakan untuk mengendari kendaraan yang termasuk golongan B, C dan D , dan kendaraan di bolehkan menarik gandengan ( trailer ) berat , contohnya mobil tronton besar, dan kendaraan besar

Catatan : golongan di atas bisa di pilih berdasarkan SIM nasional yang telah di miliki. Contoh, jika pemohon SIM international hanya punya SIM C, maka hanya bisa memilih sim international golongan A.

baca : perbandingan jenis sim A B C dan D

Selanjutnya, setelah formulir di isi, jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan di atas materai.

Setelah itu, perugas akan meminta biaya pembuatan SIM atau anda harus membayarnya ke bank dan menyerahkan bukti pembayaran ke petugas.

Hal terakhir sebelum SIM di cetak adalah pastikan Data telah sesuai dengan KTP, karena nanti jika ada perbedaan data SIM dan KTP, maka akan jadi masalah saat berada di luar negeri.

Selanjutnga Petugas akan melegalisasi dengan stempel dan emboss, dan proses pembuatan sim, selesai.

Ingat.. sim international hanya berlaku di negara yang menjalin kerjasama international dengan indonesia.

Jika tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share… terima kasih..

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.