Apa perbedaan beras dan ketan

warna beras ketan

Membedakan antara beras dan ketan

tokopuas.com – bagi masyarakat indonesia, beras merupakan makanan pokok dan selalu di konsumsi untyk kehidupan sehari – hari. Awalnya, petani akan menanam padi, padi akan berbuah menghasilkan gabah. Didalam kulit gabah inilah ,beras tersimpan.

Jadi, untuk mendapatkan butir – butir beras, butuh proses yang cukup panjang. Nah, di post kali ini saya akan menuliskan perberaan beras biasa dan beras ketan.

1.warna beras.

Beras ketan dan beras biasa memiliki warna yang terlihat berbeda . Beras biasa mempunyai warna lebih bening sedangkan beras ketan mempunyai warna lebih putih, namun, jika keduanya sama – sama telah terendam air, warnanya akan terlihat sama.

baca : syarat pasien BPJS rawat inap di rumah sakit.

2.sifat yang berbeda.

Beras biasa dan beras ketan mempunyai kelengketan yang berbeda, beras ketan mempunyai tekstur lebih lengket di bandingkan beras biasa yang sering dimakan. hal inilah yang membuat ketan menjadi bahan untuk membuat jajanan.

3.masa panen.

Beras ketan dan beras biasa mempunyai masa panen yang berbeda, beras biasa membutuhkan waktu 3 bulan, sedangkan beras ketan butuh waktu 4 bulan. untuk harga, beras ketan dijual dengan harga lebih mahal.

4.bentuk yang berbeda.

Beras biasa mempunya bentuk lebih ramping dan memanjang. Coba perhatikan gambat di bawah ini

Sedangkan, beras ketan mempunyai bentuk lebih gendut, gemuk.

Cara termudah membedakan beras ketan adalah dengan melihat warnanya, beras ketan mempunya warna putih seperti susu.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat..

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.