Cara Memperbaiki kwh energy meter

Cara Memperbaiki kwh energy meter

cara memperbaiki power energy meter listrik

tokopuas.com – untuk mengukur banyaknya kwh yang di konsumsi peralatan elektronik, seseorang bisa memanfaatkan kwh meter portable. Alat ini bisa mengukur kwh, output tegangan, power factor, min dan max tegangan yang di konsumsi.

Namun, terkadang, kwh meter juga mempunyai masalah, seperti bateray internal yang telah rusak, dan tidak bisa recharger. Nah, jika kwh meter rusak, maka hystory data listrik yang tersimpan akan hilang, dan tampilan layar akan menjadi memudar, tidak jelas ketika kwh meter tidak tersambung listrik..

baca : cara menggunakan kwh power energy meter.

Contoh kwh meter yang bateraynya rusak, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :



Untuk memperbaiki masalah di atas, pengguna hanya perlu mengganti battery internal. Bateray yang di gunakan adalah bateray Ni -MH dengan tegangan 3,6 volt. Disini saya akan mengupgrade batterainya, yang semula hanya 3,6 volt 20 ma, akan saya upgrade ke 3,6v 40 ma.

Nah, untuk tampilan battery yang masih menempel di kwh meter… bisa diliaht seperti gambar di bawah ini :

Untuk mengganti battery, bisa menggunakan solder,.. dan pastikan input positive dan negative, tidak terbalik. Untuk bateray yang telah terpasang, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :

Untuk kwh energy meter, akhirnya sudah normal kembali, tampilanya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini :

Sekarang, saya hanya perlu memasang kembali sekrup – sekrup yang sebelumnya telah saya buka.. dan alat kwh meter sudah bekerja normal, dengan kapasitas bateray recharger yang telah terupgrade…

Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.. jangan lupa like dan share.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: