Fitur speedometer yamaha NMAX

Fungsi – fungsi yang tersedia di spedometer NMAX

tokopuas.com – sepeda motor yamaha NMAX mempunyai speedometer digital, yang berfungsi membaca kecepatan, indikator bensin dan juga odometer. Selain 3 fungsi di atas, ada fungsi tambahan yang pastinya akan sangat berguna. Nah, di tulisan ini saya akan tulis fungsi fungsi speedometer yang ada di sepeda motor NMAX. sepeda motor yang saya gunakan di tulisan ini adalah NMAX tahun 2018.

baca : cara menghitung cc kendaraan sepeda motor.

untuk melihat fitur fitur ini, pemilik yamaha NMAX hanya perlu mengaktifkan motor dengan memutar kunci, dan tekan tombol select di speedometer untuk memilih mode -mode di bawah ini :

1.oil trip.

Ketika speedometer mencapai angka 4000 km , atau lebih, bagian oli trip akan memberikan peringatan untuk mengganti oli mesin. Fitur oli trip, akan membuat pemilik kendaraan sepeda motor untuk mengganti oli mesin secara rutin.

Setelah oli mesin dibganti, oli trip harus di reset, dan kembali ke angka 0. Untuk mereset oli trip bisa membaca tulisan di bawah ini :

2.vbelt trip.

Fitur V-belt trip berfungsi memberikan notifikasi untuk mengganti vbelt atau vanbelt. V belt trip akan berbunyi setelah mencapai angka 20.000 km, dan setelah V-belt di ganti, angka v-belt trip harus di reset. Untuk mereset vbelt trip, caranya seperti mereset oil trip.

3.trip.

Speedometer yamaha NMAX mempunya dua fitur trip, fitur ini berfungsi seperti odometer, namun, fitur trip bisa di reset ke angka 0 dengan mudah, hanya dengan menekan lama tombol reset. Fitur ” TRIP ” berfungsi mengukur jarak yang akan di tuju, misalnya anda ingin menghitung jarak dari rumah anda ke semarang.

Atau bisaa juga ketika anda sedang melakukan touring, anda bisa menghitung jarak dari lokasi A ke lokasi B. Yamaha NMAX mempunyai fitur TRIP 1 dan TRIP2, keduanya mempunyai fungsi sama.

4.Jam

Bagi anda yang lupa malas buka hp atau melihat jam tangan, anda bisa melihat jam di speedometer NMAX. Jam ini bisa di seetting dengan mudah, dan tidak akan berubah walaupun kendaraan dalam kondisi mati.

baca : cara setting jam di speedometer NMAX.

5. F/ECO

Fitur F/ECO adalah fitur untuk menghitung konsumsi bahan bakar setiap liter yang mampu ditempuh kendaraan dalam hitungan kilometer secara realtime. Misalnya, jika menggunakan bensin 1 liter, sepeda motor mampu menempuh jarak 20 km dengan kondisi jalan pegunungan yang selalu naik dan turun.

Sedangkan, jika menggunakan 1 liter bensin dan digunakan di jalan perkotaan yang datar, sepeda motor mampu menempuh jarak 35 km. Fitur F/ECO hanya belerja saat motor digunakan, kerena berbasis real time dan akan selalu berubah – ubah tergantung kondisi jalan.

6.AVE F/ECO

Average F/ECO adalah fitur untuk menghitung rata – rata konsumsi bensin perliter yang mampu di tempuh. Coba perhatikan gambar di atas. Rata – rata jarak yang mampu di tempuh dengan bensin 1 liter adalah 33,9 km. Yamaha NMAX yang saya pakai ini, serinh digunakan untuk menempuh jalan perkotaan.

Fitur F/ECO dan AVE F/ECO dapat membuat pemilik kendaraan untuk memantau apakah sepeda motor terlalu boros bensin, atau masih normal.

semoga tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share…

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.