Perbedaan dan arti efisien dan efektif

Perbedaan dan arti efisien dan efektif

Pengertian dan beda arti kata efisien dan efektif

Tokopuas.com – dalam dunia kerja, kegiatan, team, istilah kata efisien dan efektif selalu di gunakan untuk mempertimbangkan dan memberikan sebuah hasil gambaran penilaian.

Kedua kata ini mempunyai arti dan makna yang berbeda, berdasarkan buku KBBI, efektif bisa diartikan efek, paling berpengaruh, cepat memberikan hasil. Sedangkan efisiensi bisa di artikan cara yang tepat, hemat waktu, hemat biaya.

baca : perbedaan beras biasa dan ketan.

Dari pengertian diatas saya bisa mengambil kesimpulan jika efektif adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang difokuskan untuk mendapatkan hasil tercepat tanpa memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan .

efektif vs efisien

contoh efektif : saya akan pergi ke jakarta dengan pesawat, saya membeli tiket pesawat dengan harga 2.000.000,- sehingga saya bisa sampai dengan waktu 2 jam. Jadi ,saya telah memilih transportasi paling efektif, namun tidak efisien, karena biaya yang cukup mahal di bandingkan memakai transportasi lain.

Sedangkan efisiensi adalah sebuah kegiatan atau pekerjaan yang memperhitungkan biaya, waktu dan tenaga secukupnya.

Contoh efisien : saya akan pergi ke jakarta menggunakan bus, dan saya hanya perlu membayar Rp.250.000,- sehingga saya bisa sampai ke jakarta dengan waktu 10 jam. Pekerjaan yang saya lakukan ini sangat efisien, namun tidak efektif karena waktu sampai yang lebih lama.

Nah, tulisan di atas adalah pengertian efisien menurut penulis. Jika tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: