cara menambah user winbox mikrotik

cara menambah user winbox mikrotik

cara mudah menambah user akses winbox

tokopuas.com – untuk melakukan pengaturan di mikrotik, kita bisa menggunakan aplikasi winbox dan akunnya. akun yang digunakan untuk mengakses winbox ini bisa di buat dan di setting berdasarkan fungsinya.

misalnya, ada akun winbox yang mempunyai full akses sehingga bisa melakukan semua pengaturan, atau juga akun yang hanya bisa melakukan setting tertentu saja dan tidak bisa melakuakan setting yang lain. nah, di mikrotik kita bisa melakukanya di mikrotik.

baca : cara membuat hotspot dengan default konfigurasi mikrotik.

untuk memulai membuat akun winbox, silahkan login ke dalam winbox menggunakan akun full, atau administrator. dan klik menu System -> User.

dan nantinya, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

untuk menambah user baru, silahkan klik tombol ” + “, seperti yang di tunjukkan arah panah.

untuk name dan password, silahkan isi sesuai keinginan, di bagian group, anda bisa memilih level akses. level akses ini adalah

  • full = akun bisa mengakses semua fitur winbox mikrotik
  • read = akun hanya bisa melakukan login dan melihat setting, dan tidak punya hak akses untuk melakukan perubahan.
  • write = level akses ini membuat user bisa melakukan setting, merubah atau menambah pengaturan di winnbox, namun di batasi untuk tidak bisa menambah, menghapus atau mengedit user akun winbox.

baca : perbandingan router tp-link dan mikrotik.

jika level akses yang ada masih kurang, anda bia membuatnya sendiri sesuai kebutuhan, caranya mudah, anda hanya perlu mengklik tab ‘ groups

klik tombol ” + “, jika ingin menambah level user baru.

lihat gambar di atas, silahkan anda berikan centang untuk fitur apa saja yang boleh di pakai level user. semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share, terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: