cara setting internet LAN mikrotik

tutorial setting internet LAN output mikrotik

tokopuas.com – di tulisan sebelumnya, saya telah mengajarkan cara setting awal mikrotik, yaitu menggunalan LAN 1 sebagai input untuk koneksi internet. anda wajib membacanya di sini : tutorial awal setting mikrotik.

nah, di tulisan ini, saya akan menyalurkan internet yang telah masuk dari LAN 1, ke port Lan yang lain. karena saya menyambungkan komputer ke LAN 3 ( ether 3 ), maka saya akan setting di LAN 3.

inti dari tutorial ini adalah, kita bisa mengatur atau membagi port mana saja yang di izinkan untuk mengakses internet, misalnya, saya hanya ingin agar port LAN 3 dan LAN 5 saja yang bisa mengakses internet, sedangkan Port LAN 2 dan LAN 4 tidak bisa untuk mengakes internet.

setting DHCP server.

sebelum memuai tutorial ini, pastikan interface ether 3 ( port LAN nomer 3 ) telah di setting IP adress,nya.. anda bisa membaca tutorial saya sebelumnya.. di sini ip adress saya setting seperti gambar di bawah ini :

setelah ip adress di setting, lanjutkan dengan login dahulu dengan winbox, saat login, pilih mac adress. setelah login berhasil, silahakan Klik IP – DHCP server.

selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, klik ” DHCP setup

dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

karena port yang akan di aliri koneksi internet adalah LAN 3, maka di bagian DHCP Server Interface, pilih ” ether 3 “, dan klik ” next “

ip yang telah di setting di ether 3 adalah 192.168.23.1/24 , maka di bagian ini, secara otomatis ip adress akan di masukkan oleh system, lanjutkan klik ” NEXT ” dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

gateway for DHCP network akan secara otomatis di masukkan system, lanjutkan dengan mengklik NEXT.

adresses to give up, berisi range ip, secara default bagian ini akan di isi oleh system. namun, anda juga dapat mengsettingnya sendiri, saya pribadi membiarkanya default system. lanjutkan dengan mengklik Next.

di bagian DNS server, akan terisi otomatis. langsung klik “ Next

lease time, akan terisi otomatis berdasarkan system, lanjutkan klik ” NEXT

nah, sekarang setting sudah berhasil, tampilan setting yang telah tersimpan di DHCP Server bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

nah, sekarang, anda sudah bisa mengakses internet di komputer dengan posisi LAN 3 mikrotik tersambung kek komputer. namun, anda harus melakukan restart koneksi LAN atau restart mikrotik.

cara restart koneksi LAN komputer

untuk merestart koneksi LAN, buka network adapter.

klik kanan pada LAN, dan pilih disable, dan koneksi LAN ke mikrotik akan terputus.

langkah selanjutnya, pada bagian koneksi LAN yang telah disable, lakukan klik kanan, dan pilih “ Enable “.

tampilan di atas, menunjukkan koneksi internet telah sukses tersambung, dan anda sudah bisa mengakses internet dengan komputer.

nah, di postingan selanjutnya, saya akan mengalirkan koneksi internet ke interface wifi, silahkan baca disini : cara setting wifi wlan mikrotik rb951-2hnd.

jangan lupa like dan share…

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.