membatasi kuota dan masa aktif wifi hotspot

membatasi kuota dan masa aktif wifi hotspot

cara setting kuota dan masa aktif pengguna wifi

tokopuas.com – di tulisan saya saya sebelumnya, saya telah membuat tutorial instalasi hotspot hingga bagaimana cara membuat user yang nantinya akan mengakses mikrotik. selanjutnya, hal lain yang bisa di setting adalah kita bisa menentukan kuota dan masa aktif user yang mengakses internet, misalnya :

  • user 1 bisa mengakses internet tanpa masa aktif dan kuota.
  • user 2 bisa mengakses internet tanpa kuota dengan masa aktif 5 hari.
  • user 5 bisa mengakses internet dengan kuota 15 GB masa aktif 15 hari atau tanpa masa aktif.

baca : cara membuat user hotspot mikrotik.

nah, dengan mikrotik, kita bisa mengsettingnya dengan mudah dan cepat, untuk memulai, silahkan login ke winbox mikrotik, dan pilih menu IP -> Hotspot. dan pilih user yang ingin di setting kuota dan masa aktif,nya.

sekarang, pilih user yang ingin di setting,

disini, saya akan mencoba setting user pelajar, double pada user yang ingin di setting, dan pilih tab ‘ limits ‘nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

contoh setelah di setting,

nah, untuk keterangan settingya, bisa baca di bawah ini :

  • limit uptime : masa aktif user bisa mengakses wifi, bisa di setting hingga hitungan hari, jam, .
  • limit Bytes In : batasan kuota download, jika kita isi dengan 5g , maka kuota download yang di miliki hanya 5 gigabytes.
  • limit bytes out : batasan kuota upload, misalnya, jika di isi 500m , berarti kuota upload yang di miliki hanya 500 megabytes.
  • limit bytes total : adalah total batasan kuota internet untuk upload dan download. jadi jika di isi 10g, maka maksimal total untuk upload dan download adalah 10 gb.

baca : cara setting hotspot ganda di mikrotik.

nah, anda bisa mengsetting, masa aktif usernya saja, kuota saja, atau keduanya.. nah, jika anda ingin mengatur kecepatan akses internet untuk user, anda bisa membaca tutorial saya selanjutnya..

sebagai contoh, saya mencoba melakukan setting user dengan masa aktif 30 hari jadi saya setting seperti gambar di bawah ini :

dan hasilnya, setelah saya login dengan akun yang telah saya setting, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat,jangan lupa like dan share.. terima kasih…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: