setting hotspot mikrotik mode manual

Diposting pada

cara setting wifi hotspot mikrotik rb951-2hnd

tokopuas.com – pancaran wifi biasa dan wifi dengan system hotspot mempunyai banyak perbedaan, jika biasanya untuk terkoneksi dengan wifi biasa, pengguna hanya membutuhkan password saja, tapi berbeda dengan system hotspot, dimana wifi bisa mudah di koneksikan tanpa password, tapi agar bisa terkoneksi ke internet, dibutuhkan sebuah akun.

bagi pengguna mikrotik, di tulisan ini akan saya tuliskan cara setting hotspot wifi mikrotik, sebelum memulai setting ini, ada syarat – syarat yang harus di perhatikan agar proses setting tidak terjadi error.

  • port interface yang akan di gabungkan dengan hotspot telah di setting dengan benar, dan sudah bisa digunakan untuk akses internet.
  • jika port LAN 2, LAN 3, LAN, 4, WLAN sudah di satukan / slave dengan mode bridge, maka anda hanya bisa memilih interface di bridge, jika anda memilih LAN 2 atau LAN3 dLL, maka akan terjadi error.

langkah pertama sebelum menginstall hotspot

sebelum memulai tutorial ini, ada baiknya anda membaca tutorial saya sebelumnya, agar nanti anda tidak bingung.

di tutorial sebelumnya, untuk port yang akan menerima koneksi internet adalah port ether3 dan wlan 1, untuk melihat port yang teraliri jaringan internet, buka menu IP -> DHCP Server.

lanjut, untuk memulai tutorial ini, silahkan anda login ke mikrotik menggunakan winbox, biasanya saya memilih mode mac adresss. dan pilih menu ip – hotspot.

dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

agar proses konfigurasi menjadi lebih mudah, langsung klik pada bagian ” Hotspot Setup “. dan muncul tampilan di bawah ini :

karena port yang akan di setting hotspotnya adalah wlan 1, maka pilih wlan 1. dan klik Next.

lihat gambar di atas, secara otomatis system akan memasukkan ip port wlan 1, jangan lupa berikan centang pada ” Masquerade Network “, dan klik ” next

untuk pengaturan adress pool network, biarkan default saja, lanjutkan dengan mengklik ” next “.

gambar di atas, anda dapat mengisikan sertificat SSL, tapi, jika tidak punya, cukup pilih “ none “, dan klik ” Next “.

jika anda punya ip smtp server sendiri, silahkan di masukkan, tapi jika tidak punya, biarkan menjadi default saja 0.0.0.0 , dan klik Next.

untuk dns server, system secara otomatis mengambil pengaturan dns yang sebelumnya telah di setting, jadi lanjutkan dengan mengklik ” Next “.

di bagian ini, anda di haruskan mengisi alamat yang nantinya di jadikan untuk login akun atau mengecheck status user, anda bebas mengisikanya, yang penting ada akhiran domain, misalnya .com, .id, dst. disini saya mengisi dengan nama internerku.com , dan klik next.

di bagian ini, anda di haruskan membuat user login hotspot anda, user dan password ini bisa digunakan untuk mengakses internet hotspot. namun, jika anda ingin menambah user, anda bisa melakukanya dengan mudah dengan membaca tutorial saya selanjutnya. lanjutkan dengan mengklik ” next “.

nah, sekarang anda telah sukses membuat hotspot.. saya akan langsung mencobanya… saya menggunakan smartphone android..

ditulisan ini, pancaran wifi dari router adalah ” pemburu hantu “, dan bisa langsung konek tanpa password.. setelah smartphone terkoneksi, maka secara otomatis akan redirect ke halan login.

perhatikan tanda panah merah, terdapat alamat , internetku.com , alamat ini nantinya bisa untuk login ataupun mengecheck status pemggunaan, sepertibkuota, lamanga.. dll..

sekarang, saya mencoba login hotspot menggunakan komputer, tampilanya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

sekarang, proses setting hotspot telah berhasil, anda bisa dengan mudah menambah user, membatasi kuota, waktu, speed internet. tutorialnya akan saya bahas di postingan selanjutnya.

kesimpulan :

karena yang di setting hotspot adalah wlan 1, maka system login hotspot hanya bekerja bagi perangkat yang terkoneksi ke wlan 1, dan tidak bekerja di port lan 3 ( ether 3 ).

agar pemgaturan hotspot bisa bekerja di port LAN 2, LAN 3, WLAN 1, dll.. kita bisa menggabungkan semua port tersebut dengan mode bridge.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share, terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.