modifikasi motor yang kena tilang

modifikasi motor yang kena tilang

faktor modifikasi yang kena tilang

tokopuas.com – tilang merupakan hukuman yang akan di dapatkan seorang pengendara saat melanggar peraturan. hukuman ini bisa berupa denda uang ataupun pidana penjara. hukuman ini di sesuaikan dengan jenis aturan yang di langgar oleh orang tersebut.

selain melanggar aturan, ternyata memodifikasi merubah kendaraan juga bisa menyebabkan terkena tilang. sebenarnya modifikasi masih di bolehkan selama masih dalam hal wajar dan tidak merubah standard kendaraan.

peraturan tentang memodifikasi kendaraan di atur dalam undang undang no.22 tahun 2009 pasal 277, tentang lalu lintas dan angkutan jalan. yang berbunyi :

setiap orang yang memasukkan kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke wilayah republik indonesia, membuat, merakit atau memodifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang di operasikan didalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana di maksud dalam pasal 50 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda maksimal Rp.24.000.000 ( dua puluh empat juta rupiah ).

nah, dari isi pasal 277, bisa di ambil kesimpulan jika merubah tipe kendaraan bermotor akan mendapatkan sanksi tilang, yang di maksud tipe disini adalah warna, rangka, mesin, dll.

sedangan yang di maksud kereta tempelan atau gandengan, adalah berlaku untuk angkuran kendaraan gandengan, seperti truk, dll.

modifikasi kendaraan menyebabkan di tilang

mengganti full mesin atau kapasitas mesin

upgrade piston atau bore up piston akan membuat kapasitas cc mesin motor menjadi lebih besar. namun, perubahan ini sebenarnya di larang mengingat di indonesia sim khusus kendaraan roda ( SIM C ) ada 3 jenis, yaitu C, C1 dan C2.

SIM C berfungsi untuk sepeda motor dengan cc mesin di bawah 250 cc, sedangkan C1 untuk sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc dan di bawah 500 cc. sedangakan sim C2 untuk sepeda motor denga mesin diatas 500 cc

selainitu, setiap mesin punya nomer khusus yang terdaftar dan tertulis di stnk dan BPKB kendaraan. nomer ini akan di periksa nantinya, jika ingin mengganti plat nomer TNKB.

merubah rangka kendaraan.

rangka kendaraan sepeda motor juga mempunyai nomer rangka, nomer ini nantinya juga akan di periksa saat proses check fisik. proses penggantian plat nomer membutuhkan check fisik.

merubah warna kendaraan.

warna kendaraan bermotor juga harus sesuai dengan warna yang tertulis di STNK dan BPKB. namun, jika ingin agar mengganti warna tanpa khawatir kena tilang, pemilik kendaraan bisa mengurusnya melalui jalur resmi.

memodifikasi dimensi kendaraan bermotor

yang di maksud merubah dimensi adalah merubah panjang , lebar dan volume suatu kendaraan. di BPKB dan STNK kendaraan, telah tertulis dimensi kendaraan bermotor. jadi jika kendaraan memiliki perbedaan dimensi dengan surat – surat kendaraan, pengendara akan mendapat tilang.

catatan :

jika modifikasi di lakukan dengan tujuan khusus, seperti pameran, hoby dan koleksi, dan kendaraan tersebut tidak digunakan di jalan umum, maka hal ini tidak akan membuat di tilang.

semoga tulisa ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: