Resiko memakai ban vulkanisir

Resiko memakai ban vulkanisir

Bahaya memakai ban vulkanisir

tokopuas.com – Ban adalah bagian terpenting agar kendaraan bisa digunakan dengan nyaman dan aman. Nyawa pengendara bisa melayang jika menggunakan ban vulkanisir.

Vulkanisir adalah ban daur ulang, atau ban yang sudah tipis atau halus karena batik di ban sudah habis karena pemakaian.

Ban yang sudah halus ini, akhirnya di tambal atau di pertebal dengan proses vulkanisir. Setelah ban menjadi tebal, ban di beri batik ban agar menyerupai ban baru.

Ban vulkanisir sangat berbahaya jika digunakan sehari – hari.

Contohnya : seorang pengendara menggunakan ban vulkanisir di bagian roda depan, roda depan adalah bagian yang sering di gerakkan kekanan dan kekiri.

Nah,, saat pengendara tersebut melaju dengan kecepatan di atas 80 km, dan ban vulkanisir meledak atau terkelupas, maka berakibat terjadinya kecelakaan.

Ban vulkanisir adalah ban yang belum teruji standard kelayakan, selain itu bahan karet yang digunakan juga kurang berkualitas.

Cara membedakan ban vulkanisir.

Harga murah

Ban vulkanisir dijual dengan harga lebih murah di bandingkan ban baru. Walaupun di jual lebih murah, namun selisih harganya juga tidak terlalu banyak.

Saya pribadi lebih memilih membeli ban baru, di bandingkan ban vulkanisir.

Ada garis bekas sambungan.

resiko ban vulkanisir

Ban vulkanisir selalu terdapat sambungan, sambungan ini bisa dengan mudah terkelupas ketika vukanisir sudah mulai menipis.

Kesimpulan :

Selain ban vulkanisir, menggunakan ban sesek dan ban yang tidak bermerek juga sangat berbahaya, biasanya ada ban murah yang dijual di pasaran.

Di indonesia, kita biasa mengenal merek ban yang sudah terbukti aman dan lolos uji SNI indonesia, seperti IRC, federal. Kedua merek ban tersebut adalah merek ban yang paling umum dan banyak digunakan.

baca : cara menggunakan oneklik BCA gopay.

Walaupun ada merek lain yang juga cukup baik seperti dunlop, mizzle, tapi kebanyakan sepeda motor di indonesia menggunakan merek IRC dan federal.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: