wisata cagar budaya candi arjuna

Diposting pada

pesona wisata kompleks candi arjuna di dieng wonosobo

tokopuas.com – candi merupakan tempat ibadah peninggalan purbakala dan berasal dari peradaban hindhu budha. di wonosobo dieng terdapat candi yang di perkirakan adalah candi tertua yang di bangun pada abad ke 8 masehi oleh dynasti sandjaya dari kerajaan mataram kuno. candi yang saya maksud adalah ” candi arjuna “. candi arjuna terletak dengan sekompleks dengan candi semar, candi srikandi, candi puntadewa, candi setiyaki , dan juga candi sembrada.

wisata candi arjuna

nah, agar candi ini tetap lestari dan terus terawat, kompleks candi arjuna telah di jadikan sebagai objek wisata, untuk mengenalkan budaya masa lampau dan memperoleh pendapatan wisata yang berguna untuk mengelola candi.

pesona wisata candi dieng

bentuk candi arjuna

candi arjuna mempunyai bentuk atap lebih lancip dengan 3 buah tinggkatan, posisi candi arjuna menghadap kebarat di mana terdapat pintu masuk yang mengarah ke barat candi, dan terdapat 8 anak tangga, dan di bagian pinggir tangga terdapat penil berbentuk kepala naga.

gambar candi arjuna dieng

sebenarnya, jumlah anak tangga dan jumlah tingkatan atap mempunyai arti maksud dan tujuan. saya pribadi belum faham, karena saya bukan arkeolog…hhhhh…

selain candi arjuna, di bawah ini adalah beberapa candi lainya yang ada di kompleks arjuna, saya hanya mengambil gambar candi yang masih berdiri, sedangkan candi lainya masih dalam proses perbaikan dan pembangunan ulang.

perjalanan melihat candi arjuna

baca : pesona matahari terbit di sikunir negeri atas awan.

indahnya pesona wisata candi

biaya masuk kompleks candi arjuna

untuk masuk ke komplek candi arjuna, ada biaya masuk sebesar Rp.15.000 ( 5 oktober 2019 ), saya mencoba mengunjungi kompleks candi arjuna, dan saya melihat tampilan bukit pegunungan yang cukup indah.

candi tertua di indonesia

saat saya masuk ke kompleks candi arjuna, sudah tidak ada lagi arca – arca yang di temukan, hal ini di karenakan arca sudah di pindahkan ke museum kailasa. museum ini menyimpan banyak peninggalan sejarah yang berhubungan dengan candi arjuna.

wisata budaya candi

lokasi kompleks candi arjuna memang tidak begitu luas, saya mencoba mengitari dan melihat beberapa candi di sekitar candi arjuna, ternyata ada beberapa yang telah rusak dan ada yang di bangun ulang.

perjalanan sejarah candi dieng

karena lokasinya yang terbuka, jika anda berkunjung kesini di atas jam 11, lokasinya terasa sangat panas, saya sarankan datang kesini pada pagi hari atau sore hari, untuk menikmati indahnya pemandangan candi dan pegunungan yang indah.

piknik di dieng candi arjuna
wisata budaya di candi dieng

yah, selain candi di atas, ada sebuah candi yang terpisah dari kompleks candi arjuna, yaitu candi gatotkaca. untuk berkunjung ke candi gatot kaca, pengunjung tidak di kenakan biaya masuk jika ingin melihat candi ini. mungkin karena letak candi ini yang berada jauh dari kompleks candi arjuna. tapi, tergantung kebijakan pengelola kedepanya.

candi gatotkaca di dieng

candi ini mempunyai luas area yang sedikit besar di bandingkan candi arjuna.

pesona candi gatotkaca

nah, banyak pertanyaan kepada saya, sebenarnya, apakah isi yang berada di dalam candi – candi, ?? di dalam candi biasanya berisi seperti arca patung, namun, karena arca dan patung sudah di pindahkan di museum, di dalam candi terdapat bentuk seperti lubang kecil yang digunakan untuk kegiatan keagamaan.. di bawah ini saya tunjukkan gambarnya.

isi di dalam candi

pada gambar di atas, terdapat lubang, biasanya lubang ini digunakan untuk menaruh sesaji seperti bunga, dll.

kesimpulan :

nama – nama candi di atas di ambil dari tokoh pewayangan, seperti arjuna, semar, nakula, sadewa, gatotkaca dan nama – nama lain. kemungkinan besar masih ada candi candi lainya yang mungkin hilang karena termakan usia, perusakan, dan faktor lainya.

kita sebagai warga negara indonesia harus terus menjaga agar warisan leluhur tidak musnah tertelan waktu, karena budaya ini sebagai bukti kejayaan di masa lampau.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.