cara tambal ban tubeless darurat

Diposting pada

cara mudah tambal ban tubeless kondisi darurat

tokopuas.com – ban tubeless adalah jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam, ban memiliki kelebihan seperti ban tidak langsung kempes jika tertusuk paku, dengan syarat paku masih menempel di ban.

namun, walaupun ban tidak kempes, anda juga harus berhati hati dengan paku yang menempel di ban anda, karena jika terus di biarkan , ada beberapa resiko yang akan terjadi, seperti, paku yang masih menempel tersebut akan membuat ban pecah saat di kemudikan.

pengalaman saya pribadi, pernah terkena paku karatan yang sudah tidak ada payungnya, dan paku saya biarkan terus menempel di ban, karena ban tidak kempis dan masih bisa digunakan.

namun, setelah beberapa hari kemudian, saat saya sedang berada di perjalanan, paku yang masih menempel di ban, tiba – tiba masuk kedalam ban, dan ban langsung kempes di tengah jalan yang di sebabkan lubang bekas baku.

nah, dari kejadian ini, saya tidak membiarkan paku terus – terusan menempel di ban, karena sangat berbahaya. untuk menembel ban tubeless sebenarnya bisa di lakukan dengan mudah, salah satu metode yang pernah saya gunakan adalah menggunakan cairan penambal ban tubeless.

baca : cara tambal ban tubeless dengan cairan.

namun, menambal ban pakai cairan punya kekurangan, seperti harga cairan yang cukup mahal dan satu botol cairan hanya bisa 1 ban, dan jika ban sering digunakan di jalan raya yang panas, cairan yang ada di dalam ban bisa mengering dengan lebih cepat. hal ini membuat cairan kurang begitu berguna.

cara darurat untuk tambal ban

nah, bagi anda yang ingin menambal ban tubeless secara cepat, anda dapat mengikuri tutorial saya ini, namun, yang harus di ingat, cara ini hanya untuk sementara dan hanya bekerja untuk ban tubeless.

Sebagai contoh, di bawah ini adalah contoh ban tubeless yang telah tertusuk paku.

cara tambal ban tubeless

Paku yang menusuk ban, langsung saya cabut sehingga ban langsung mengempis.

Selanjutnya, saya mengambil lem china, atau lem alteco. Harganya 5 ribuan.

lem penambal ban tubeless

Lem jenis ini dapat mudah di temukan di berbagai toko. Nah, langkah selanjutnya, silahkan masukkan lem ke lubang bekas paku tadi.

trik mudah tambal ban tubeless

Agar lem bisa menutup lubang ban dengan kuat, atur agar cairan lem bisa masuk ke dalam lubang, jangan sampai lem hanya menutup luarnya saja.

trik cepat menambal ban

Nah, agar lem bisa masuk sampai ke dalam, biasanya saya menggunakan jarum untuk mendorong cairan lem agar bisa masuk.

Setelah itu, tunggu hingga lem mengeras dan menutup lubang ban dengan sempurna.

Biasanya saya menunggu hingga 1 jam, agar lem benar – benar kuat, agar lubang tertutup rapat.

Selanjutnya, anda hanya perlu memompa ban, dan motor siap digunakan.

Metode pengeleman ini cukup awet, dan digunakan untuk keadaan darurat.

darurat menambal ban tubeless

Gambar di atas adalah bekas lubang yang telah saya lem, dan ban telah saya ajak menempuh jarak 50 km. Dan aman tanpa kendala.

kesimpulan :

Tutorial ini saya rekomendasikan bagi anda yang sedang dalam kondisi darurat. Dan bukan sebagai metode utama menambal ban.

Tambal ban tubeless yang bagus, adalah menggunakan metode tiptop. Lebih aman dan kuat di bandingkan tambal ban pakai cacing tubeless.

Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.