cara cek oli mesin harus di ganti

Diposting pada

cara periksa oli mesin yang masih bagus atau rusak

tokopuas.com – oli mesin, umumnya bisa di ganti setelah sepeda motor menempuh jarak 2000 km. namun, di karenakan oli mesin yang beredar di pasaran mempunyai merek dan kualitas yang berbeda – beda, ada cara lain yang bisa digunakan sebagai patokan.

saya pernah punya pengalaman, sepeda motor sudah menempuh jarak sejauh 2000 km, namun oli mesin masih tetap bagus. hal ini di karenakan motor hanya berjalan rata – rata 3 km perhari, dengan muatan ringan.

oli mesin yang selalu teratur di ganti akan membuat suara mesin terdengar lebih halus, tarikan lebih ringan dan mesin tidak cepat panas.

salah satu oli mesin motor yang selalu saya pakai adalah merek shell, pernah juga memakai merek lain yang cukup bagus, seperti oli federal, yamalube, dll. tapi, saya lebih nyaman memakai oli mesin merek shell di mesin.

nah, ada 2 jenis pengecheckan oli mesin, yaitu volume dan kondisi oli mesn.

baca : cara check volume oli mesin didalam motor

pemeriksaan kondisi oli mesin motor.

Pastikan sepeda motor berada dalam kondisi rata, dan mesin masih dingin. jika mesin sudah terlanjur di hidupkan, tunggu mesin hingga benar – benar dingin. waktu paling baik adalah pagi hari.

Di tulisan ini, saya memakai tisu.

alat periksa oli mesin

untuk membuka penutup oli, putar berlawanan arah jarum jam,, jika di buka dengan tangan terlalu berat, anda bisa menggunakan tang atau alat bantu lainya.

baca : cara darurat tambal ban tubeless motor.

cara mudah membaca oli mesin

selanjutnya buka tutup oli mesin yang berada di bagian atas, dan lap dengan tisu hingga bersih.

baca : cara ganti oli mesin honda vario.

kualitas terbaik oli mesin

Sekarang lihat kembali warna oli mesin yang tadinya telah menempel di tisu.

Jika oli mesin sudah terlihat hitam pekat, anda bisa segera menggantinya, namun jika oli mesin masih terlihat bening,atau kehijauan , berarti oli masih layak pakai.

apakah perlu ganti oli

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.