ukuran ban mobil dan tekanan angin

Diposting pada

Ukuran standard ban mobil dan tekanan angin

tokopuas.com – ban merupakan bagian yang menutupi velg dari sebuah roda. ukuran ban harus di sesuaikan dengan ukuran velg. dan setiap roda mobil punya ukuran khusus, di sesuaikan dengan berbagai faktor.

ukuran standard ban mobil MPV, mobil pribadi, LCGC adalah ring 14, namun, jika pemilik mobil ingin memasang ukuran roda yang lebih besar, pemilik kendadaraan juga harus memperhitungkan shockbreaker.

memasang roda yang terlalu besar tanpa memperhitungkan kerja shockbreaker, akan berakibat terjadinya gesekan dengan spakbor.

selain ukuran, tekanan angin juga harus di perhatikan, 2 roda belakang dan 2 roda di depan, mempunyai tekanan angin yang berbeda tergantung dengan jumlah penumpang dan jalan yang akan di hadapi.

baca : cara merawat engsel pintu mobil.

tekanan angin untuk 2 roda depan harus sama, begitu juga untuk tekanan angin untuk 2 roda belakang. tekanan angin yang berbeda akan sangat berbahaya ketika pengemudi melaju dengan kecepatan tinggi.

selain ukuran roda, tekanan angin, ban mempunyai ukuran yang berbeda beda di pasaran, untuk ukuran standard ban mobil avanza, dan kelas mobil penumpang dengan jok 3 baris adalah 185/70 dengan ring 14.

4 roda ban yang ada di mobil, harus mempunyai ukuran yang sama, jika ukuranya berbeda maka akan berakibat kurang nyaman ketika mengemudi.

baca : cara membuat AC mobil lebih wangi.

ukuran ban, ukuran roda dan tekanan angin

untuk tampilan gambar ukuran roda dan tekanan angin, bisa melihat gambar di bawah ini :

ukuran standard avanza

sedangkan untuk tekanan angin standard yang di sarankan, adalah

  • ukuran depan : 210 kPa / 31 PSI
  • ukuran belakang : 240 kPa / 35 PSI

ukuran di atas berlaku jika mobil berjalan di jalanan yang mulus, beraspal. jika mobil lebih sering melewati jalan berlubang dengan jumlah penumpang 6 hingga 7 orang, tekanan angin ini harus di tambah. untuk ukuran depan 35 PSI sedangkan ban belakang 37 – 39 PSI.

selain ukuran dan tekanan angin, pemilihan jenis merek ban juga harusi di perhatikan, hal ini di karenakan banyak sekali ban murah yang di jual di pasaran.

ban murah biasanya memakai jenis karet yang tidak aman dan sangat berbahaya jika digunakan di kecepatan tinggi atau pengereman mendadak. pilihlah ban yang sudah mempunyai merek ternama dan terkenal. jangan pernah tergiur untuk memakai ban vulkanisir.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.