cara merawat karet vbelt mobil

Diposting pada

pelumas khusus untuk vanbelt mesin mobil

tokopuas.com – saat kita membuka kap mesin mobil, kita bisa menemukan sebuah rantai karet atau vbelt yang berfungsi untuk menggerakkan kipas radiator dan juga dinamo ampere ( tergantung jenis mesin ). semua mobil mempunyai vbelt, dan jika vanbelt ini putus, mobil akan langsung mogok dan tidak bisa berjalan.

jika anda di rumah punya mobil matic, anda juga bisa menemukan tali vbelt yang berfungsi menyalurkan perputaran dari mesin ke as roda.

vbelt tidak seperti rantai yang terbuat dari bahan baja, namun terbuat dari karet yang lentur. seiring digunakan, karet vbelt akan mengeras atau menjadi kendor karena usia dan penggunaan.

baca : kapan ganti filter oli mesin mobil.

dalam kerjanya, vbelt selalu bergesekan dengan poros roda, poros ini bisa sangat panas tergantung dari kinerja mesin. hal inilah yang membuat karet vbelt cepat mengeras jika tidak rawat. selain hal di atas, faktor lain penyebab vbelt rusak adalah cipratan oli mesin yang mengenai vbelt.

karet vbelt jika terkena oli, akan menjadi selip, sehingga akan terjadi pemanasan. proses selip ini akan membuat vbelt cepat putus.

apa yang harus di lakukan agar vbelt terawat ??

proses rusaknya vbelt akan menjadi lebih cepat, jika tidak di rawat. salah satu cara untuk merawat tali vanbelt adalah dengan memberikan pelumas. rantai motor juga akan cepat rusak, putus dan karatan jika tidak di lumasi dan di biarkan kering. sama halnya dengan vbelt mesin mobil.

pelumas yang digunakan untuk vanbelt mobil atau motor bukan oli, tapi ada pelumas khusus karet, saya pribadi menggunakan prestone Vbelt , pelumas ini saya beli dengan harga yang cukup murah dan memberikan manfaat yang sangat banyak.

untuk pelumasan, silahkan lumasi semua karet vbelt yang ada di mesin mobil, cara ini cukup simple dan sederhana.

baca : cara periksa oli mesin asli dan palsu merek shell.

buka kap penutup mesin mobil, dan anda akan melihat karet vbelt.

semprotkan vbel dressing conditioner ke karet vbelt secara merata.

anda bisa menggunakan selang extensi, agar lebih memudahkan anda melakukan pelumasan karet vbelt.

pelumas ini akan memberikan perlindungan terhadap gesekan, membuat vbelt tidak cepat mengeras atau retak sehingga berpotensi putus. dan menghilangkan oli dan debu yang membuat karet vbelt cepat rusak.

untuk proses pelumasan, anda bisa menghidupkan mesin mobil, agar pelumas bisa merata melumasi karet vbelt. anda bisa melihat video di bawah ini :

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.