cara periksa oli mesin asli

trik mudah periksa oli mesin asli atau palsu

tokopuas.com – oli adalah bagian penting yang harus di perhatikan agar mesin kendaraan lebih awet. oli mesin harus di ganti secara teratur berdasarkan jarak tempuh dan masa pakai.

Jika kendaraan sering digunakan setiap hari untuk perjalanan jauh sehingga mesin akan mengalami panas tinggi, maka oli harus di ganti setiap beberapa km.

namun jika kendaraan di gunakan untuk jarak dekat dengan kondisi panas mesin stabil maka usia OLI mesin bisa menjadi lebih lama.

dipasaran banyak sekali berbagai oli yang dijual mulai dari harga murah hingga harg mahal, namun, tahukah kamu jika banyak oli palsu beredar. banyak kerugian yang akan anda dapatkan jika menggunakan oli palsu, salah satunya mesin akan cepat rusak, bersuara kasar dan cepat ngobos.

baca : cara merawat electric spion mobil.

nah, agar sebuah merek oli tidak bisa dengan mudah di palsukan, biasanya telah di berikan kode unik dan ciri – ciri khusus agar bisa di lihat keaslianya. sebagai contoh, saya membeli oli shell helix yang di lengkapi kode barcode yang ada di tutup.

check kode unik untuk melihat oli asli original.

di bagian luar oli, ada kode khusus yang hanya tersedia untuk 1 botol oli, kode ini tidak boleh sama dengan kode yang ada di oli merek shell lainya..kode luar bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

trik oli mesin asli

sebelum membuka barcode, sekarang kita teteskan dahulu air ke bagian texs yang tercetak di tutup. jika terdapat gambar yang luntur, maka di pastikan palsu.

baca : ukuran tekanan angin ban mobil MPV dan LCGC.

cara periksa keaslian oli

selanjutnya, silahkan anda lihat bagian hologram, jika cetakan hologram terlihat luntur, bisa di pastikan ini adalah oli palsu.

trik check oli asli dan palsu

selanjutnya adalah dengan melihat kode, kode tersembunyi di bawah segel hologram, silahkan anda buka.

cara periksa keaslian oli

untuk mengecheck kode ini, anda harus memaatikan koneksi internet anda lancar. setiap kode yang tertera di botol oli, hanya bisa di check 1 kali saja, jadi jangan sampai gagal.

untuk mengechecknya, silahkan anda masuk ke situs : http://ac.shell.com . , dan anda akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini :

situs check oli asli

silahkan anda geser kekana, slider yang bertuliskan ” Mohon di geser ke kanan

baca : cara memilih oli transmisi mobil.

masukkan kode unik yang tertera di botol oli, jika kode anda valid maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

validasi kode oli shell

tampilan di atas, menandakan oli yang telah di beli adalah oli asli, dan kode belum pernah di gunakan di botol lain. 1 botol hanya 1 kode dan hanya bisa di verifikasi kembali.

untuk membuktikan, jika kode hanya bisa di periksa satu kali saja, maka saya akan melakukan check ulang, dan hasilnya akan muncul gambar di bawah ini :

periksa oli bagus asli

BAU OLI asli dan oli palsu

selain dengan menggunakan kode verifikasi, cara lain untuk memeriksa keaslian oli adalah dengan mencium bau oli, jika oli tercium bau gosong , tak sedap, tengik. maka bisa di pastikan oli tersebut adalah oli palsu atau oplosan.

oli asli yang baru, tidak memiliki bau menyengat, dan khusus merek tertentu biasanya memiliki bau yang harum karena belum pernah tercampur dengan mesin.

jika terlanjur beli oli palsu,??

jika anda terlanjur membeli oli palsu, alangkah baiknya anda tidak menggunakanya. lebih baik anda membeli lagi oli original

tempat membeli oli asli original ,?

beli oli di dealer resmi, karena sudah terjamin keaslianya. namun biasanya oli di jual dengan harga sedikit lebih mahal.

kenapa harus memakai oli asli original,?

di pasaran, harga oli palsu di jual dengan harga hampir sama dengan oli asli, original. agar mesin bisa selalu nyaman, halus dan tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan oli asli original.

untuk videeo, anda dirumah dapat melihatnya di bawah ini :

jangan lupa untuk like dan subscribe.