resiko membeli iphone refurbish

resiko yang terjadi ketika beli iphone refurbish

tokopuas.com – apple iphone merupakan brand product smartphone yang di jual dengan harga mahal, lebih mahal di bandingkan brand produk smartphone lain, hal ini wajar saja, mengingat iphone adalah produk flagship dengan spesifikasi tinggi.

kepopuleran iphone membuat produk ini banyak di minati, bagi sebagian kalangan yang mempunyai banyak uang, bisa membeli produk baru, namun jika hanya mempunyai budget terbatas bisa membeli apple iphone bekas atau juga refurbish.

pengalaman beli iphone

saya pribadi pernah membeli iphone refurbish, iphone 6s, untuk pengalaman saya pribadi bagaimanan rasanya membeli iphone rerurbish, bisa baca di sini : pengalaman membeli apple 6s refurbish.

iphone refurbish adalah iphone daur ulang, atau iphone lama yang di perbaiki teknisi dan di buat bagus hampir seperti produk baru. nah, di bawah ini adalah resiko yang akan di tanggung jika anda membeli produk iphone refurbish :

casing yang sudah di ganti

iphone yang pernah di pakai, pasti akan mengalami lecet di bagian casing, kotor dan masalah lain, saat iphone second di jadikan sebagai iphone refurbish, biasanya teknisi akan mengganti casingnya agar terlihat baru atau kinclong.

namun, terkadang terjadi humman error, artinya casing bawaah iphone yang awalnya berwarna merah di ganti menjadi warna lain seperti biru, atau hitam. untuk mengecheck keaslian warna casing iphone apple, bisa menggunakan aplikasi 3utools.

selain resiko beda warna, casing yang di pasangkan di iphone bisa jadi memiliki kualitas yang kurang baik, bisa mudah luntur. biasanya terjadi untuk smartphone refurbish distributor, dan bukan smartphone refurbish resmi.

bateray yang sudah tidak original.

saat pertama membeli iphone, bagian pertama yang harus di periksa adalah bateray health, untuk smartphone baru harus 100%, jika smartphone second original, adalah antara 90% – 80%, jika di bawah itu berarti baterai iphone akan sering drop.

kualitas bateray apple

semua iphone refurbish pasti baterainya sudah di ganti, jika benar – benar bateray original, biasanya masih bisa 90%. jika iphone tersebut di ganti dengan bateray yang tidak original , maka bateray akan mengalami drop, seperti yang pernah saya alami.

jika membeli iphone refurbish, usahakan membeli dari apple resmi dan buakn dari distributor, karena refurbish distributor kebanyakan memakai bateray yang kurang berkualitas.

untuk mengecheck semua komponen dengan mudah, anda membutuhkan komputer windows yang telah di install dengan aplikasi 3utools, saya telah buatkan tutorialnya, teman – teman dirumah bisa membacanya : cara periksa iphone asli dan original.

kamera yang sudah tidak original.

salah satu nilai jual dari produk iphone adalah kualitas kamera, bagi pengguna apple aphone, pasti sudah faham dengan kualitas kamera yang di hasilkan. namun, jika anda membeli iphone refurbish, ada kemungkinan bagian kamera sudah pernah di ganti, sehingga kualias kamera bisa jadi berbeda dengan kamera bawaan iphone original.

di bawah ini adalah bagian – bagian iphone yang akan membuat komponen lain tidak berfungsi jika di ganti.

  1. touch id / fingerprint = jika bagian ini di ganti akan membuat tombol fingerprint hanya berfungsi sebagai tombol biasa , dan tidak bisa mendeteksi sidik jari.
  2. layar = jika bagian ini di ganti akan berpengaruh fitur 3D touch tidak bisa berfungsi.
  3. face id / kamera depan = jika bagian ini di ganti akan berakibat fitur pendeteksi wajah tidak bisa digunakan.

jika iphone refurbish telah mengganti bagian touch id, layar dan face id, maka bisa di pastikan jika iphone tersebut pernah di ganti IC utamanya atau telah di lakukan proses software, yang bisa berakibat iphone tidak bisa di update secara resmi.

dan sudah termasuk sebagai kategori iphone bypas, iphone bypass bisa dibuat dari iphone yang terkunci atau lock icloud.

baca : resiko membeli iphone lock icloud.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.